My First Online experience

Wauw sekarang lagi ikud lomba blog neh,temanya tentang pengalaman pertama internet, wauw pengalaman mengenal internet gue sangatlah unik. Mana ada anak kelas 4 SD taun 2000 yang uda punya email? Mau taujuga awal bisnis unik yaitu Bisnis Membuat Email Ala Anak kelas 4 SD ? Penasaran ? Baca blog ini aja dulu deh, Laper ? Ya makan dulu dong


Okelah enjoy my experience !


******


Gue kenal pertama kali internet adalah ketika gue masih SD kelas 4,sekitar taun 2000. Iya pada awal abad milenum di saat anak lain masih pada main bola di lumpur dan masih banyak juga yah masih belom ngerti ama komputer. Gue dan temen temen uda menyentuh internet


Ceritanya waktu itu ada warnet pertama kali buka di deket sekolah,saat itu jamanya masih maen game center yah jadi gue ga ngerti sama sekali apa itu internet, jadi dengan pedenya gue dan 4 temen gue ke warnet untuk pertama kali,yaitu : gue, taufik, chalik,dan adit
Jengg..Jrengg.Jreengg... Tepokk..Tepokk Langkah tegap kaki para bocah ingusan kelas 4 SD ke warnet yang dikiranya game center.Setibanya disana gue agak kaget,karena ada bilik-biliknya gitu,hmmm...mungkin supaya privasi,dasar gak mau rugi akhirnya kita berempat nyewa satu bilik aja biar irit.


Tiba di bilik akhirnya gue dihadapkan dengan komputer dan kita langsung aja login, langsung eng ing eng..


Apaan ini ?
Shortcut nya cuma dikit banget, mana gak ada pilihan untuk game seperti counter strike,battle realms atau yang lain, cuma terlihat internet explorer,my computer dan reycycle bin, hmmmm kita bingung, dan akhirnya kita pada sadar : kita bukan lagi di game center tapi di warnet yang notabane buat internet.



Setelah bingung beberapa saat akhirnya ada salah satu temen gue yang ternyata inget kegunaan internet. Taufik namanya,


"Eh kata papa aku di internet kita harus buat EMAIL loh,kalo gak ada EMAIL kita ga bisa internetann" kata taufik
"Lah kita buatnya DIMANA ? bayar gak ? GIMANA CARANYA " Tanya gue bernafsu penuh tanya
"Hmm sangat susah sekali,tapi hanya satu cara yang bisa kita lakukan" jawab taufik misterius
"Apaaa ? " tanya gue sambil ikutan misterius
"tanya aja operatornya"


Akhirnya dengan tampang polosnya gue ke operator buat tanya


"Mbaaakkk,,mbaaaakkkk, ajariin buat emaill doong"


Setelah mengalami perjuangan 45 akhirnya kita berhasil membuka internet,membuat email dan mengirim email untuk kali pertama! Email pertama yang dibuat adalah dari www.yahoo.com, sebuah provider email besar pertama pada saat itu (gmail belom ada). Waktu itu cukup lama mengajarkan email kepada kita,karena kita sendiri masih belom memiliki kemampuan bahasa inggris yang cukup juga.


Senang rasanya bukan main, karena operatornya baik dan iba melihat tampang polos kita yang rugi kalo internet ga ngapa-ngapain akhirnya kita diajarin cara maen MIRC, pada tau kan program chat jadul ini? Sampe ada lagunya dari t-five : Malam Ini Ramli Chatting Lagiii.... Wah dulu seneng deh dengerin lagu itu sambil chatting
Tapi ternyata ini mungkin cuma trik operator doang karena kita akhirnya nyewa bilik satu satu dengan aplikasi MIRC yang menyala maka kita chatting untuk pertama kali, chatnya sich lucu banget, polos kayak anak kecil, contohnya kayak gini.Kita sendiri lebih banyak chatting antar temen sendir daripada ke orang lain,


<AREMA> iki chat tah? ===> nicknya menggambarkan dia anak malang
<swat-juling> aduh aku ganteng banget deh ==> jaman narsis sudah mulai ada saat ini ,nicknya sendiri di ambil dari nick counterstrike (game yang sangat terkenal saat itu)
<yinyan> aku mau cari cewe ==> akhirnya sekarang internet emang digunakan cari pasangan


mIRC sendiri membuat gue punya temen banyak dan akhirnya menjadi sahabat sampai saat ini. Saat itu banyak juga anak luar kota yang chatting dengan gue, jika mereka komplain kalo jarak kita jauh. Gue hanya bisa jawab : Jauh di mata dekat di mIRC.



Setelah selesai dengan pembelajaran pertama chatting dan membuat email pertama akhirnya kita merasa seneng banget yah, iya gimana gitu ya SD uda bisa mbuat email gitu loh ! . Setelah selesai semuanya akhirnya kita log out dan bayar ke kasir. Kalau gak salah sejamnya 5000 , setelah kita bayar dan ternyata duidnya emang pas banget dengan duid kita sekarang,akhirnya berjalan seneng banget ke luar warnet sampai akhirnya mbak mbak operator lari lari ke arah kita sambil teriak teriak


"Dee..Deee... Duidnya kuraaaangg ternyata..."


Kita pun pada bengong dan ngeliad isi kantong. Kosong ga ada duid


**


Setelah mengganggap bahwa kita uda jago-jago maka otak kita yang cemerlang jalan, kita melakukan sebuah terobosan bisnis yang dilakukan oleh seorang anak SD yan cengegesan-tapi-canggih, yaitu : Membuka jasa membuat email dan Ngajarin chatting ampe bisa !.



Mungkin terdengar aneh kalo ketika jaman 2000 untuk anak SD kelas 4 di indonesia yang bisa membuat email,dan mungkin baru anak 4 ini saja. Dengan bangga kita mampu membuat email yang dulu sebenernya juga ga ngerti buat apa tapi demi tampak keren akhirnya banyak teman teman yang terjerumus tertarik untuk membuat email dan chatting ini. Dengan harga 2000 rupiah untuk satu email dan sekali private ngajarin chatting, uang akhirnya di dapat dari bisnis sangat-sederhana ini, emang gak seberapa sih tapi lumayan buat makan pentol setelah pulang sekolah.


Ternyata bisnis ini membuat kita sering pergi ke warnet dan semakin banyak pengalaman seru yang di dapet dari internet misalnya aja kita ternyata kita mengetahui bahwa internet ternyata juga menyimpan bahaya (mimik serius nih)


***


Awal ceritanya gue ama temen lagi maen ke warnet seperti biasa, karena antri akhrnya kita nunggu yah, tak berapa lama akhirnya ada orang yang keluar dan kita otomatis ke bilik tersebut.Setelah nyiapin tempat duduk dan mencari posisi pas akhirnya kita ngeliat monitor, tapi Alamak, ternyata yang diliat sungguh di luar dugaan


Sudah menduga ? Oh bukan-bukan ini bukan tentang gambar prety asmara panco ama limbad,melainkan gambar hitam hitam,


Sidik punya selidik ternyata itu karena terkena virus sehingga komputernya menampilkan gambar itu! Oh betapa kagetnya, karena kita sendiri gak tau kalo komputer ada virusnya.Hal inilah yang membuat kita semakin kagum dengan internet. Punya virus juga yah, gak kalah ama ayam kampung gue yang sering kena virus dan ternyata virus di komputer malah nampilin gambar xxx sedangkan kalo virus ayam kampung gue malah membuat mati. Kita mendapat ilmu lagi dari hal ini.Maka saat itu kita sadar bahwa ternyata internet adalah tempat yang juga berbahaya,suram dan penuh misteri.


Tapi gue gak ngeliat sisi hitam nya internet aja waktu itu, tapi gue tetep seneng baca detik.com, iya berita di internet yang gue baca ada di detik.com. Gue sendiri waktu itu seneng ngeliat liputan sepak bola tetapi karena kemampuan bahasa inggris yang terbatas dan gue cuma bisa bahasa indonesia akhirnya gue baca detik.com.Temen-temen gue yang lain selalu mampir ke detik untuk melihat berita tentang olahraga dan tentunya sepak bola. Hal itu membuat mereka lebih memiliki pengetahuan luas dibanding teman yang tidak melihat detik. Sampai ke ulang tahunya yang ke 11 gue tetap milih detik.com sebagai salah satu sumber informasi online gue.


Jika baca detik rasanya seperti judul album jamiroquai- Travelling without moving




**


Akhir kata sebuah cerita, itulah seklumit cerita awal bagaimana gue menemukan apa yang dinamakan internet. Walaupun gitu ternyata gue emang menemukan pondasi dari kegunaan internet tersebut misal saja : Chattingan, Bisnis, Dunia Hitam Internet,Informasi. Iyah emang internet emang banyak manfaatnya apalagi sumber informasi banyak juga dari sini, dan semua ini kembali lagi kepada kita. Bisa gak manfaatin sebaik mungkin ?

Comments

  1. Giling! Hebat bener klas 4 SD dah internetan.
    :tob:
    Dulu aku smp kelas 2 baru mulai kenal internet. Emailnya di boleh.com pulak. Jyakakak..
    jadi malu inget2 masa2 norak ituh..
    :ngelamun:

    ReplyDelete
  2. kecil kecil bisa internet, dapet uang pulak
    canggihh
    :matabelo::matabelo:

    ReplyDelete
  3. :mlorok: sekarang anak 4 sd itu dah gede blum?
    jangan diajarin jorok ya ... hahahaha nie aku dah blogwalking lagi maksih teman tiada yang seindah JUPE di indonesaia hahahahaaa..
    sembunyi tapi ngntip juga..

    ReplyDelete
  4. teladh staon sy, sy knl internet kls 5 SD. .
    dl msh sering manggil mba2 operatornya bwt dimitain tlg. .
    uda gt pas d ajarin chatting via mirc umurnya d tua2in gt deh. .
    msk anak kls 5 sd diruru ngaku umur 17 th pas dtnyin asl plz. .
    c p deh. . .

    :sikut:

    ReplyDelete
  5. wow... salut lah masih SD udah maen internet...
    moga menang dah lombanya :pray:

    ReplyDelete
  6. Dulu kelas 3 SMP akhir, mau SMA diriku sengaja ke warnet seharian cma untuk ngeliatin orang dari jauh sambil menyelidiki "gimana sih caranya pake internet"

    Dulu di warnet itu blom tertutup, jadi kita bisa apa yang orang perbuat dari belakang.

    Setelah tau, besoknya baru mulai deh, ujicoba

    Ha ha ha... norak ya :evillaugh:

    Ni posting untuk yang itu ya, selamat berjuang :tob:

    ReplyDelete
  7. Cerita yang bagus.. Hampir semua orang mengalami kejadian yang serupa...
    Saya juga ikutan neh... Lam kenal

    ReplyDelete
  8. kalo saiah, kenal internet baru kemarin sore he2
    semoga beruntung ^_^

    ReplyDelete
  9. 4SD udah inetan? kalah dong gw... :hoho:

    eeeh.. gambar triple x itu apa yaa?? :mikir:

    ReplyDelete
  10. keren om !!
    pasti menang nih !!!!
    nggaa kurang apaapa kok ...
    :matabelo:

    ReplyDelete
  11. wahahaaaha , lucu banget first experience nya . nice .. smoga menang ya ! kemaren aku juga baca kalo ada lomba ini .:hoho:

    ReplyDelete
  12. tapi mantep, ngejaga diri dari dunia hitam kan? :tob:

    ReplyDelete
  13. :mataduitan

    hampir sama bro saya juga punya pengalaman yang sangat menarik kok http://sahabatit.blogdetik.com/2009/07/21/%E2%80%9Conline-pertamaku-mengubah-hidupku%E2%80%9D/

    ReplyDelete
  14. hebat!
    keren banget dah!
    :tob:

    saluuut !! :nyembah::nyembah:
    .-= rhien´s last blog ..my first online experience =-.

    ReplyDelete
  15. mantabss...kecil2 cabe rumit......:mlorok:
    .-= hilma´s last blog ..My first Online Experience-bollywood =-.

    ReplyDelete
  16. Aku kalah telak nih, aku kenal inet pas tingkat 1 kuliah, itupun mungkin karna jurusan IF. Btw, keren juga ya ide jasanya, hehehe
    .-= alisyah´s last blog ..Twitter | Facebook, Which One You Are Prefer To? =-.

    ReplyDelete
  17. wew!!! mantep bang, ane baru kenal internet pas 2 smp (norak bangat kau!!!!)
    hohoho, kocak dah....:tob:

    ReplyDelete
  18. critanya panjang euy.., tapi sip kok :) salam !
    .-= elok´s last blog ..Mandi Sendiri =-.

    ReplyDelete
  19. Hahaha. . Lucu amit crtanya. :D http://www5.mylog.info

    ReplyDelete
  20. Eh,slh pasng KTP. :D http://www8.mylog.info

    ReplyDelete
  21. :hore:
    Hebat.......terus berjuang ......pantang mundur...

    http://internetpintar.com
    http://noviwalfitriati.com
    http://hasibuan-myfirstonlineexperience.blogspot.com
    .-= Novi´s last blog ..Finding The Best High Speed Internet Providers =-.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan