So , What's your status now?

Beberapa minggu yang lalu gue sempet baca artikel koran jawapos. Tepatnya di kolom deteksi. Disitu dibuat polling tentang "update status" di fb/twitter. Disitu kita ngeliat seberapa besarnya peran update status untuk kehidupan sesungguhnya.

Disitu juga ada alasan orang-orang ngeupdate status mereka masing-masing.
Kebanyakan tentang aktivitas terkini (32,6 persen) atau percintaan (30,7 persen).

Curhat kok di tempat yang bisa dibaca banyak orang? Soalnya, mereka memang pengin dapat banyak comment (37,7 persen). Akhirnya jadi banyak saran yang masuk (32,6 persen) dan sangat mungkin target curhatan kita juga tahu apa yang kita curhatin (15,4 persen).



****

Tentu hal ini sangaaaaaat jamaak banget dilakuin oleh anak muda yah. Pada nulis status, langsung temen yang lain pada comment atau akhirnya tau rahasia mereka.

Tapi sayang banget, ternyata kadang sesuatu yang kita update status bisa dibaca atau dipersepsikan banyak banget olah orang lain yang baca status kita. Jadi kadang kala persepsi mereka dan kita kadang berbeda. Hal itu juga ditulis oleh salah satu penulis muda terkenal raditya dika di kolom deteksi tersebut :

"Ada banyak jenis curhat yang biasa aku layangkan ke Twitter ketika update status. Terutama, saat pikiranku macet. Misalnya, nggak ada ide untuk melanjutkan tulisan bikin buku atau aku sebal gara-gara nggak mood. Semua itu selalu aku lampiaskan di Twitter.Nulisnya sesuai saja dengan yang aku alami. Nggak dibuat-buat, lho. Eh, gitu, ada yang bilang cari sensasi atau apa lah. Padahal, aku cuma pengin berbagi rasa, mungkin ada yang menginspirasi. Hehehe...

Contohnya, aku pernah cerita soal cari makan. Waktu itu, karena macet, aku parkir agak jauhan. Terus, aku jalan ke tempat makannya. Nah, saat pulang, pas balik ke parkiran, aku ngerasa jauh banget. Aku lapar lagi deh di mobil.

Nah, cerita kayak gitu kan wajar-wajar saja. Ya nggak? Nggak dibuat-dibuat, kok. Tapi, ternyata ada juga orang yang nggak ngerti dan berkomentar ngawur. Kalau sudah gitu, biasanya aku diamkan saja. "

Nah lo dari cerita itu kita dapet satu pengetahuan baru : update status bisa mbuat orang berantem !

Menurut gue sendiri berantem lewat jaringan sosial tentu gak bagus yah, soalnya kalo kita berantem bisa ketauan banyak orang. Lagian gak elit banget sih masa pas ditanyain : "kenapa lo berantem?" , di jawab : "gara-gara dia nulis UNLIKE THIS di status gue" .

Apalagi bedanya facebook dengan friendster cukup keliatan yah, kalo friendster pake data palsu sedangkan facebook hampir 70 % udah pake data asli semua.  Jadi kalo kita udah dendam satu orang, bisa langsung dapet info lengkapnya dia.

Misalnya aja gue baca di detik ni berita : Tawuran Terjadi Gara-gara Memaki Lewat Facebook

Nah kalo itu ceritanya gara-gara cewenya "diteror" via facebook. Nah kalo begini gimana cara ngatasinya ? Matikan facebook anda, dan segera deactive selama beberapa bulan. Gue mau cerita, beberapa temen ternyata sudah men-deactive kan fb nya. Gue gak begitu mengerti buat apa sih fesbuk di deactive in. Tapi kalo gue punya cewe yang diteror lewat fb maka jalan ini lebih gue lakukin daripada musti gebuk-gebukin gara gara teror lewat fb.


Gue sendiri paling anti dan sebisa mungkin untuk berantem lewat jaringan sosial, gak elit dan menurut gue itu terlalu membuka aib. Kalo misalnya kalian gak suka yaudah tinggal delete atau di blok aja tu orang sebelum terjadi hal-hal yang tak di inginkan.  Gue sendiri sering banget ngelakuin hal tersebut daripada entar gue ngamuk malah banting monitor  entar hahaa.

**

Menurut gue sebenernya bisa terjadi kalo kita benar-benar memperhatikan siapa friends kita di facebook. Jangan asal approve aja di friend request. Hal itu tentu sangat merugikan karena facebook mempunyai banyak hal yang bisa dibuka walaupun hanya menjadi friends of friends nya temen lo. Jadi menurut gue segera tutup diri kalian agar privasi bisa lebih terjamin selain itu. Protektif terhadap diri sendiri. Karena rasa adalah segalanya ! (lho?)

So,.. whats your status now?

Comments

  1. saya malah jarang update
    .-= linduaji´s last blog ..Schizophrenia =-.

    ReplyDelete
  2. gak banget deh, berantem gara2 status... pernah jga terjadi pada temen2 sekelas ane status yang bikin rame, parah banget dah!
    .-= firyan´s last blog ..Gimana sih hukumnya? =-.

    ReplyDelete
  3. wkwkwkw bikin status emang asik kalo kata saya, banyak mengundang kontra (kebanyakan) seru dah tuh wwklwlw
    .-= ocky fajzar´s last blog ..Pra TO without Anggodo =-.

    ReplyDelete
  4. Mas terima kasih sudah berkunjung ke blog saya.
    Salam kenal dulu ya.
    Salam sukses selalu
    .-= arkasala´s last blog ..Turun Naik – nya Nilai PR Blog Ini =-.

    ReplyDelete
  5. :matabelo::tob::hore::gemes::beer:
    oker, banget bang!!!!!

    ReplyDelete
  6. [rasa] saya tampan :matabelo:

    hohoho :D

    btw, mana link lomba kontes Malang itu ?
    .-= H´s last blog ..Perempuan tanpa “V” dan Laki tanpa “P” =-.

    ReplyDelete
  7. setuja! dulu pas baru2 bikin fb, saya selalu ngeapprove siapa aja, tapi sekarang pilih2..
    ehehe..
    sekarang juga kalo apdet status mendingan di plurk atau twitter. soalnya kalo di fb suka banyak yang comment, mana gitu banyak sodara2 yang bikin fb pula. jadi malas.
    .-= tyas´s last blog ..habis uts terbitlah tugas =-.

    ReplyDelete
  8. hmm.. sbntar, saya cek status dulu,,:ngacir:

    ada yang ngajakin brantem ga ya?:matabelo:
    .-= Nda´s last blog ..Gila Rubik Gila =-.

    ReplyDelete
  9. dulu pas baru punya pesbuk..sering update status. sekarang males :ngacir: malah kadang bingung mau update apa :hoho:
    .-= ichaelmago´s last blog ..Follow Me, please.. =-.

    ReplyDelete
  10. siapapun yang nge add, gw selalu approve, tanpa melihat siapa dia. tapi, ya sering mengalami hal2 yang kurang enak jadinya ....*tobat*

    ReplyDelete
  11. kalo gue sih sekarang udah lebih menjaga privasi facebook, ya orang2 yang udah gue kenal aja yang ada di facebook gue, orang2 yg terlanjur udah ada tapi gak kenal udah gue hapus2in hehe.. soalnya juga mengganggu sering update status yg gak penting dan kita gak tau itu maksudnya apa, jadinya kan orang yang harusnya kita tahu update statusnya jadi kita ketinggalan

    ReplyDelete
  12. salam kenal ne bang.
    kalo gue update status mah jarang. tapi update info sering hehehe:P:pray:
    .-= Bayu Sutrisno´s last blog ..Dibalik kesusahan ada kemudahan =-.

    ReplyDelete
  13. People deserve good life and loans or student loan can make it better. Because freedom bases on money state.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan