Tipu-Menipu dengan Social Engineering

Beberapa hari ini lagi rame banget ama Pembobolan ATM Bank. Heran banget deh, kenapa sih musti rakyat indonesia yang dicolong duidnya. :marah

Kasian aja ngeliat masyarakat indonesia yang rata-rata masih gaptek dan kurang peduli teknologi jadi korban. Mbok orang bule aja yang jadi korban, toh kejahatan digital/teknologi itu bersifat universal, bisa dipake mana aja (cuma milih korban di indonesia yang pada ceroboh semua,wkeekek, piss)

Gak lama ini juga, kemarin temen aku ada yang abis kena suatu musibah, jadi dia kan abis ngisi daftar kuliah, masuk sih tapi setelah dicek besoknya hilang semua. Nah loh, ini kenapa ? Mengapa bisa terjadi ? Apa yang harus dilakukan ? Mengapa saiful jamil mengikuti Take Celeb Out ?

***

Sebenernya hal itu (bisa) berhubungan loh ? Mau tau?

Pertama mau njelasin yang tentang ATM itu. Sebenernya udah buanyak banget refrensi tentang pembobolan atm, jadi gak usah dibahas lagi yah? Pokoknya jaga pin anda. Soalnya walau mereka punya data anda tapi ga ada pin sama aja ga isa ngambil duid, hal ini berbeda kalo yang di skim credit card.

Langsung yang kedua tentang FRSan itu. Ehm, Bahasa kerenya teknik itu adalah spoofing. Cara sendiri spoofing sangat banyak banget, dan yang paling keren teknik spoofing ini bisa juga buat nyolong ATM loh.Yang paling gampang banget adalah dengan cara : Social Engineering. Wow, apaaan tu ric ? Teknik Sosial ? Kuliah dimana dulu tuh, ITS, ITB ?

Wkekek, kagak lah, itu mah teknik penggabungan antara menipu, kreatifitas otak dan kecakapan mempengaruhi orang. Inti dari teknik ini adalah kita melakukan penyerangan terhadap target itu sendiri. Jadi ini bener-bener gak tergantung ama sistem apa yang bekerja, software, hardware, dan ini bersifat universal. Paling jamak ini dilakukan dengan email palsu, telepon palsu, atau kita bisa dengan ngobrol-ngobrol dan memutar balikan fakta. Jadi ini bener-bener gampang deh ngelakuinya (daripada ngehack sistem sih)

Skema nya bisa dalam bentuk gambar ini :



Oke aku coba kasih contoh yahh.. Tapi karena ane juga takut di laporin ama roy suryo karena kasih contoh nyolong ATM maka ane coba ngasih contoh nyolong YM orang.

****

Anggap P (pelaku), K (korban), dan mereka sudah saling kenal sejak lama sekitar 10 tahun lah. Mereka bertemu saat SD, dan saling jatuh cinta saat pandangan pertama. Anjrit, kenapa jadi ngaco gini. Langsung aja ke pointnya :

P : Woi K .. Lo uda taau gak , kalo di YM ada yang asik?
K : Apaan emang K ?
P : Jadi gini, kalo kita nulis Password kita sendiri di YM, itu otomatis YM akan mensensor tulisan itu..
K : Ahh.. Yang bener ? Caranya gimana ?
P : Tapi sebelumnya lo musti nulis gini : /?(password) , entar keluar nya jadi /?**********
K : Hah yang bener?
P : Iya beneran suer deh, coba liat aku yah.
K : Oke

Disini lah teknik itu terjadi..

P : ini aku tulis /?***** . Nah gimana di tempat lo? Keliatan gak passwordnya
K : Wah gak keliatan, beneran deh iya ini ?
P : Iya beneran, coba aja lo nulis di tempat gue.
K : Bentar, hmmm.. ini /?skaowlao ,gimana di tempat lo?
P : Nah kan, di tempat gue password lo ke sensor. Ckck keren abis deh. :afro:

Setelah itu Pelaku nge-take over YM Korban, ternyata password "skaowlao" YM tersebut sama dengan pasword Banking dia. Wah tambah hancur deh korban.  :norose:

Jadi didalam teknik itu, kita pura-pura aja nulis password asli padahal emang dari tulisan kita, udah nulis sensor. Dengan membuat korban percaya bahwa kode tersebut bekerja maka password akan terdapatkan deh.

Banyak cara yang bisa dilakukan dalam hal ini tergantung kreatifitas orang. Kalo mau tau cara nyolong tanpa mengenal korbanya bisa baca di sini. Nah dengan cara ini, maka kita nge-hack mereka ! Wah bisa pamer deh, abis itu bilang aja kalau kalian sudah tau password mereka dan terkenal lah kalian menjadi hacker ! hahaha.. Cara ini sebenernya cukup populer ampe saat ini, bahkan hacker yang paling terkenal : Kevin Mitcnik itu juga pake cara ini loh buat nipu korbanya

Intinya sih supaya tetep waspada aja terhadap sesuatu hal sensitif apalagi berhubungan tentang password atau informasi penting anda. Jangan ampe ketahuan deh. Iyah ini adalah kejahatan digital,  Kalo katanya Guns N Roses mah WELCOME TO THE JUNGLE :cool:

**

bTw aku barusan nginstal kaskus emotion, jadi kalo kalian emotion biar lebih variasi bisa ngasih emot deh , thanks buat mas hanif IM yang udah ngasih tau . hhe

Comments

  1. He he... social engineering itu sebenerya ngak semudah melalui cara curang lain nya loh. ada sedikit rasa salut dan bangga juga sih karena di indonesa banyak terjadi. kayaknya di luar jarang :D

    tpi yaa... jangan deh, kasian orang2 yang kena :)

    ReplyDelete
  2. :rate buat agan...

    thanks infonya gan...

    ReplyDelete
  3. kita harus lebih berhati-hati aja dan jangan gampang percaya ma siapapun
    mampir ke blog saya juga ya, meski hanya sebentar meluangkan waktu untuk sahabat
    salam (_ _)

    ReplyDelete
  4. ngaaah keren banget hahaha kereen :D
    .-= ocky fajzar´s last blog .."Beli burung saya dong..." =-.

    ReplyDelete
  5. sayang sungguh sayang... kreatif-kreatif nyolong...

    ReplyDelete
  6. mantaps mas. Semua sisi memang kita harus waspada. Dalam hal tertentu gak peduli itu kawan ada rahasia yang tetap harus dipegang.
    Terima kasih sekali sudah mengingatkan.
    Salam hangat selalu :)
    .-= arkasala´s last blog ..Guru Kehidupan =-.

    ReplyDelete
  7. buakakakakak
    itu mah emg orangnya aja yg bego
    huahahahahaha
    .-= edda´s last blog ..Oleh-oleh Hibernasi (O2H) Part 2 =-.

    ReplyDelete
  8. harus waspada aja ya...dan selalu curiagaan.haha
    .-= ajikinai´s last blog ..#p =-.

    ReplyDelete
  9. hahah iya betul sekali... social engineering emang paling dahsyat, saya pernah melakukannya dan berhasil haha.. tapi ya cuma buat iseng2 aja, gak buat tindak kejahatan, apalagi asusila (eh?)

    ReplyDelete
  10. nice inpo


    berkunjung n ditunggu kunjungan llagi makasih

    ReplyDelete
  11. hahaha! gw kagak ngerti ah sen!

    ReplyDelete
  12. ya ya ya....penjahat sekarang semakin canggih semakin pinter
    .-= zulhaq´s last blog ..Video Bugil Tante Sinting =-.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan