Perguruan Tinggi Idaman

Pengen gak mempunyai perguruan tinggi yang sangat terkenal dan berkualitas seperti Universitas Harvard?

Photobucket

Atau mungkin memiliki gedung yang sangat keren seperti NTU (Nanyang University) ?

Photobucket

Atau yang simpel saja cukup suasana dengan nyaman?

Photobucket

Atau mungkin kalo masih kurang, kita memiliki perguruan tinggi idaman sendiri ?

Pasti setiap orang punya pendapat sendiri tentang perguruan tinggi idaman versi masing-masing. Nah karena aku penasaran maka aku bertanya kepada teman-teman mahasiswa tentang topik : “Bagaimana Perguruan Tinggi Idaman Versi Kamu?” .

Ternyata dari hasil survei itu didapat kalo mahasiswa terbagi 3 golongan atas jawabanya. Penasaran ? mari kita menuju ke TKP  :tkp

****


Mahasiswa Rajin Belajar
: Perguruan tinggi idaman, tempatnya buat belajar,dosenya bisa diajak diskusi terus, teman-temanya mendukung dan selalu setelah pulang belajar bersama.  :nerd

Mahasisa Aktivis : Perguruan tinggi idaman itu tempatnya banyak temen buat DEMO ! Ambil Speaker, Nyalakan sound system, Suara aspirasi rakyat kita salurkan !  :ngacir2

Mahasiswa Suka Bolos : Perguruan tinggi idaman? Errrhh.. Yang punya jatah gak masuknya banyak aja deh.  :afro:

Nah ngeliat banyaknya versi masing-masing, maka aku juga memiliki versi perguruan tinggi idaman sendiri. Bagaimana kah perguruan tinggi idaman versi eric? Mau tahuu ? Makanya baca dong, laper? Makan dulu deehh yaa.

****

Perguruan tinggi idaman menurutku sih gak muluk-muluk cuma 4 aspek aja yaitu :

1. Kenyamanan
2. Keamanan
3. Kelonggaran
4. Kepastian

Waduh apa aja itu ric ? Oke akan saya jelaskaann, Laperr? Kan udah kubilangin buat makan tadi.

Kenyamanan
Sesuai dengan peribahasa : Kalo gak nyaman mana Enak ? (Eh emang ada yah peribahasa gitu? hahaha auk ah) Jadi pertama itu harus ngerasa nyaman yah. Contohnya aja dengan cocok dengan gaya ngajar dosenya, dengan lingkungan sekitar, atau dengan suasana baik didalam atau diluar kampus sendiri. Kalo udah nyaman pasti seneng deh buat belajar. Nyaman adalah hal penting nomer satu untuk mendapatkan perguruan tinggi idaman.

Keamanan
Pasti bingung,keamanan buat apa? Iya pasti dong kita harus aman di Perguruan Tinggi itu, kalo ga aman pasti was-was dong. Misalnya aja lagi parkir motor atau mobil, kalo gak aman pasti entar di jam kuliah malah kepikiran motor atau mobilnya. Kalau versi serius keamanan itu lebih ke arah kita belajar tanpa ada ancaman dari luar sana. Jadi kita lebih fokus kuliah maksudnya.

Kelonggaran
Ini yang paling aneh, longgar buat apa emang? Naaah Mahasiswa kan udah dewasa, jadi bukan seperti anak SMA yang terlalu banyak peraturan. Biasanya sih kelonggaran ini akan membantu mahasiswa nyaman, misalnya aja mahasiswa diperbolehkan mengutang untuk membayar Uang Semester selama 2 tahun :Peace: . Oke itu mungkin contoh terlalu ekstrim, tapi versi seriusnya mahasiswa bisa mendapat akses belajar yang luas dan bisa bertanya kapan saja kepada dosen, tidak terlalu kaku atau mungkin pembayaran uang kuliahnya bisa diturunkan jika emang ada yang tidak mampu. Oh iya longgar bukan berarti bebas 100% loh ya.

Kepastian

Tujuan paling utama dari Kuliah adalah : Kita mencari kerja setelah lulus. Maka kepastian disini sangat berpenting dalam mencari perguruan tinggi idaman. Pertama karena perguruan tinggi itu harus mempunyai kualitas yang bagus sehingga bisa meluluskan mahasiswanya yang siap kerja dan menjalani kerasnya kehidupan. Kedua karena hampir 90 % orang setelah lulus tidak ingin menganggur mereka ingin segera bekerja, maka perguruan tinggi ini harus bisa memberi kepastian agar mahasiswanya tidak menganggur setelah lulus. Dibutuhkan kualitas yang sangat bagus di perguruan tinggi idaman sehinga memberi kepastian kepada mahasiswanya

Jadi selama didapatkan 4 aspek itu, perguruan tinggi idaman sudah didepan mata dan jangan sampai salah menentukan perguruan tinggi mana yang akan dimasuki karena itu sangat mempengaruhi kehidupan ke depan kalian

Jadi sekarang, tinggal bagaimana Perguruan Tinggi Idaman kamu sendiri? :rate

*************

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti lomba Blog UII

Comments

  1. says

    kriteria pertama saya dulu, kalo bisa yang langsung bisa selese sampe S1. soalnya repot kalo selese D3 dulu baru lanjut S1.
    kedua lebih ke jurusannya langsung. karena saya mw masuk Elektro, jadi milih kampus yg ada fakultas Teknik-nya.
    Sebenarnya di mana pun kita menuntut ilmu, asalkan mampu bersaing kelak di dunia kerja. Selamat memilih perguruan tinggi, buat adek2 yg baru lulus SMU :cendol

  2. Diana Wardanita says

    Heheh Ric, berarti kampus kita sepret soalnya ada standar anatomi :p
    Tapi dirimu g pernah patuh ya hehehe

  3. says

    emang harus nya gitu gan perguruan tinggi yang baik itu
    tapi jarang banget kalu di indonesia yang gitu, kalupun ada mahal :cd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *