Thanatophobia

Phobia


Diambil dari nama dewa Yunani Phobos yang takut kepada musuh-musuhnya. Berarti rasa takut yang tidak masuk akal, atau yang tidak ditakuti tidak seimbang dengan ketakutan, si sakit tidak tahu mengapa ia takut dan tidak dapat menghindari rasa takut itu.

***



Siapa sih yang gak ngerti phobia ? Phobia sendiri kalo gampanganya sih ketakutan akan sesuatu barang yang orangnya sendiri gak ngerti kenapa ia takut.

[caption id="" align="alignleft" width="97" caption="Dennis Bergkamp Ternyata takut naik pesawat"][/caption]

Misalnya aja dennis bergkamp, salah seorang pemain sepak bola asal belanda dan sempat membela klub arsenal, punya ketakutan sendiri jika naik pesawat terbang.

Lah masalahnya kalo dia cuma seorang penjual koran yang gak butuh pergi kemana-mana mah gampang, nah ini pemain bola, klub gede pula! Susah kan kalo misalnya sekarang main di indonesia, 3 hari uda pertandingan di inggris, yah gak nutut lah walaupun di kejar pake bemo juga.


Nah cerita tentang phobia sendiri, aku punya pengalaman menarik ama phobia. Mau tau ceritanya? Naah Ceritanya begini...

***

Selama jaman smp aku memiliki ketakutan yang agak aneh, jadi setiap hari aku merasa akan mati besok harinya. Entah kenapa aku punya kecemasan tingkat tinggi kalo udah mengingat aku "akan mati" besok hari. Jadi rasanya aneh, seakan kamu tahu besok bahwa kamu akan mati, padahal kenyataanya kan ya wallahualam.

Jadi deh, selama smp aku sering cemas-cemas sendiri kalo ngeliat hari ini, takut mati sih. Kalo dalam ilmu phobia nya sendiri, ketakutan/kecemasan seperti ini biasa di sebut Thanatophobia

Entah kenapa aku tiba-tiba punya perasaan/phobia yang agak aneh kayak gitu. Tapi baru akhir-akhir ini aku mikir-mikir, "Ah ini kayaknya gara-gara aku sering baca atau nonton film horror deh"

Untung banget fobia ini gak terlalu membuatku cemas menghadapi hari-hari. Jadi aku tetep biasa aja, tapi kadang kalo aku ngerasa sendirian pasti mikir juga

"Mampus besok aku mati"

[caption id="" align="aligncenter" width="300" caption="Ci...Lukk..Baa.."]Phobia[/caption]

***

Aku juga jarang banget cerita tentang phobia ku ini, selain karena gak keren (masa kerjaanya tiap hari ngeluh takut mati), tapi juga karena aku juga gak terlalu mengidap kecemasan akut.

Kalau lagi kumpul-kumpul ama temen yah kadang senyum-senyum sendiri dan bayangin besok udah gak bisa ngeliat kaya gini lagi, atau pas main band dan ngebayangin besok uda gak bisa main lagi. Pas pacaran dulu, dan ngerasabesok uda ga bisa menatap dia lagi.

Ah rasanya aneh banget sih punya kecemasan kaya gitu

Tapi untungnya aku udah bisa mengendalikan kecemasanku , caranya ya aga gampang-gampang susah sih. Jadi waktu dulu ketika jaman-jaman mau Ujian Nasional, aku kan sering bangun malem buat solat tahajud. Nah dari situ aku mulai bermain waktu, jadi aku bangun setengah 12 dan solat tahajud sampai jam 12 malem. Setelah selesai jam 12 malem, aku sugesti ke diriku sendiri aja kalo aku gak akan mati hari ini soalnya kan udah masuk jam 12 malem lewat, jadi misalnya aku bangun jam setengah 23.30 rabu malam dan tidurnya jam 00.00 kamis malem, berarti kan uda masuk hari kamis

Konyol dan tampak aneh ya? Iya kadang-kadang permasalahan kita sendiri yang bisa nyelesaikan ya diri kita sendiri.


Yah singkat kata, awal sma aku udah gak terlalu cemas hal itu. Awal kuliah, Ini mah kalo saben kuliah tidurnya mesti subuh atau gak jam 2 pagi gitu jadi yah kadang-kadang udah gak cemas lagi. Walaupun kadang-kadang kecemasan ini suka timbul sendiri, tapi hilang sendiri juga. Yah pinter-pinter ngatur diri lah. Hehe


Gimana dengan phobia kalian? Apakah punya?

Comments

  1. wah.... sangar juga phobia mu gan. :D
    alhamdulillah aku gak pernah kayak gitu. :)
    tapi aku rasa itu wajar gan, itu menunjukkan bahwasannya hidup didunia ini hanya sementara gak akan selamanya. :)

    selbelumnya makasih gan udah mau mampir ke blogku. :) salam kenal balik dari loewyi. :D

    ReplyDelete
  2. Ngeri ya phobianya. Ketakutan akan sesuatu memang bisa stress dan senewen. Kekhawatiran berlebihan spt itu katanya bs diterapi pake hipnoterapi. Well boleh juga dicoba terapi spt itu kalau kita merasa rasa takut itu semakin aneh dan menggila.
    :) klo saya, kayaknya tdk ada phobia, tp klo dihantui pikiran buruk, itu sering sekali. :_y

    ReplyDelete
  3. musuh yang paling mengerikan yaitu diri sendiri, termasuk rasa takut, kuatir, dan mungkin phobia.
    Cara menghilangkannya mungkin harus dimulai dari diri kita sendiri harus punya keinginan kuat untuk menghilangkannya dan mencoba berani., itu teorinya prakteknya SUSAH. aku phobia ama cacing & gelap. salam kenal, kunjungan balik =)

    ReplyDelete
  4. satu satu nya jalan adalah dengan mengalahkan rasa takut tersebut dan melakukannya...
    kalau kesan pertama nya berhasil pasti berangsur-angsur phobia nya bisa berkurang...
    setuju ?
    :2thumbup :2thumbup :2thumbup

    ReplyDelete
  5. Kecoa? Hiiiiiii....... *tabox bolax-balix yg ngasehh kecoa ke g*
    Yups, phobia emank nyusahin, tp kan itu ga dminta. Sapa sehh yg mao punya phobia a/k sswatu?

    ReplyDelete
  6. phobia yang unik tuh..
    bisa dimanfaatkan untuk kebaikan.
    karena setiap kali kita ingat mati, secara langsung ingat Yang Maha Kuasa :)
    :thumbup

    ReplyDelete
  7. Huahahaha baru kali ini gw liat preman punya phobia. Phobia-nya antik pula.
    *ngakak guling-guling tujuh hari tujuh malem*

    ReplyDelete
  8. ooo..

    makasih bang, baru tahu sy ttg istilah ini..... ternyata ada juga phobia terhadap musuh yaa

    ReplyDelete
  9. phobia... oh phobia.... :mrgreen:

    ReplyDelete
  10. Kalau saya Prit Phobia, takut kalau di semprit sama Pak Polantas, hehe;

    ReplyDelete
  11. aku juga pernah tuh ngalamin kyk phobia kamu itu. sampe2 ga berani tidur...
    tapi klo skrg sih aku paling takut ama kegelapan..hehehe

    ReplyDelete
  12. saya punya teman yg aneh tuch, masa ma makanan aja takut :D hehehe...

    ReplyDelete
  13. kadang-kadang permasalahan kita sendiri yang bisa nyelesaikan ya diri kita sendiri.

    bener banget kata - kata kamu itu ric *eh nama kamu sebenernya sapa yak? eric apa pepi?
    hehehehehe.
    pobhia ku banyak, salah satu nya pobhia sama ujiaaan
    hahhahahaahhahaa...

    ReplyDelete
  14. dennis bergkamp kemana2 suruh naek bajaj aja kalo gitu :D

    ReplyDelete
  15. syukur kalau phobianya merubah menjadi kebiasaan baik, jadi rajin sholat tahajud.
    semoga sekarang masih rajin sholat juga, meskipun phobia itu sudah hilang.
    apakah ada hubungannya dengan sugesti dari diri sendiri?

    ReplyDelete
  16. Phobia tuh sama gak sih ma trauma???

    ReplyDelete
  17. wahhh bagus nih phobia nya, kalo takut mati besok... jadi hari ini kudu perbaikin diri ya :-)
    kalo aku phobia ketinggian, manjat pohon mangga depan rumah aja takutnya minta ampun heheheh

    ReplyDelete
  18. aku punya banyak ketakutan. tapi aku nggak bahas deh. mikirin ketakutan bikin ketakutan jadi nyata.

    ReplyDelete
  19. kalau takut mati, bukannya malah bagus? jadinya kita selalu berusaha ngelakuin yang terbaik hari ini, ga mau nyakitin orang lain siapa tau ga sempet minta maaf, nggak nunda2 pekerjaan, dan sebagainya? :)) *ditimpuk*
    selama phobianya ga menghambat aktivitas masih nggak apa-apa kali, ya? saya juga ada phobia, dan kadang bikin ga bisa tidur karena takut =|

    ReplyDelete
  20. phobia
    saya takut ama soang (angsa)
    pernah dipatuk ampuuun deh :D

    ReplyDelete
  21. phobia mu unik juga yah... ada obatnya gk tuh?

    ReplyDelete
  22. saya dulu juga fobia ketinggian
    sampe-sampe jadi takut naik pesawat
    tapi sekarang mulai bisa dihilangkan..
    nice post... salam sukses..

    sedj

    ReplyDelete
  23. kalo gue sih phobia banget sama listrik
    pernah kesetrum soalnya
    jadi kalo disuruh megang kabel ato apapun yang berhubungan dengan listrik gue agak sedikit takut
    hehehe

    ReplyDelete
  24. Wah bro phobia lo sama tuh kaya gw, gw juga gitu .. Gw ngerasa nya mau mati besok padahal ga ada yg tau soal itu .. gw cuma bingung ngendaliin rasa takut gw .. Solusi dong bro, parahnya klo gw , hari2 gw aga berantakan gw suka mikir mampus besok gw mati ga akan ada lagi masa depan ,, gw jadi takut bro jalanin hari2 gw karna seakan gw tau klo gw akan mati besok ataupun sekarang ..

    ReplyDelete
  25. Fobianya mirip dengan saya. Saya sampai gak bisa tidur dan tersiksa banget. Skrg berusaha self-healing. Thanks for share :)

    ReplyDelete
  26. Ternyata ga cuma saya ya yg fobia takut mati...saya baru aja ngalamin fobia ini hampir 6bulan trakir ini gan,,gara2 sering kena serangan panik,,aga ganggu dan sedikit bikin depresi,takut gabisa banggain ortu kalo mati duluan -_- .mohon dibantu gan...

    ReplyDelete
  27. Sama gan saya baru ngalamin baru 1 bulan saya mau nanya agan udah sembuh total belum ? kalo udah mohon bantuanya

    ReplyDelete
  28. Sekarang saya lagi ngalamin phobia ntu gaaan!!! :(

    ReplyDelete
  29. wah, sama gan. aku baru 3 bulan dan udah kena serangan kecemasan yang namanya "anxiety disorder". jadi perasaan takut itu bener2 bisa "meledak" kapan aja... T.T

    ReplyDelete
  30. Saya juga mengalami hal yang sama ... takut mati, memang kalau didengar bagus, bisa buat memperbaiki diri, tapi ini beda ... namanya juga phobia, hidup kita kayak tidak dinikmati, semuanya tentang negatif, bahwa kita sudah mau mati ... apalagi kalau sampai mendengar kabar ada orang meninggal, seakan perasaan juga melayang ... mohon solusinya

    ReplyDelete
  31. Saya juga gan, sama gw jga takut mati gw takut klo guwe ga bsa rasain masa dpan atau gabisa gapai cita cita guwe jdi pikiran takut mulu negatif negatif melulu ttg mati padahal ga benar pikirannya itu smpai g bisa nikmatin momen, mohon dibantu ya gan" :) hehe

    ReplyDelete
  32. Udah beberapa bulan ini saya lagi takut banget. Saya merasa sebentar lagi saya akan... *gak perlu saya sebut ya, udah tau kan maksudnya* :(

    Apa-apa rasanya selalu aja ada kaitannya sama sebentar lagi saya mati. Mungkin kalo orang lain yang denger kesannya "bagus dong."
    Tapi hari-hari saya rasanya cuma seperti menunggu. Apa-apa jadi nggak semangat.

    ReplyDelete
  33. Gan saya juga ngalamin seperti ini awal mulanya saya tiba2 sesak dan jantung saya berdetak cepat trus saya ke RS tau2nya kena tifus stadium 6 trus setelahnya saya sampai kebawa perasaan ini sampai sekarang "takut mati" sering sesak nafas ngeganggu bgt lah gan tiap malam ga bsa tidur:(

    ReplyDelete
  34. Sedikit motivasi biar ada peningkatan sedikit, saat kita berpikir akan mati lalu kita mati betulan maka rasa takut itu menang melawan kita, nah sekarang berpikir kematian tdk ada yang tau kecuali yang diatas, mau dipikir mati juga bakalan sia2 mending enjoy bro nikmatin hidup, hidup cuma sekali, dipikir gk dipikir sama aja semua orang bakalan dapat yang namanya kematian, oke?!

    ReplyDelete
  35. Uhh, aku juga kena Thanathophobia nih dari kecil sampe sekarang dah kuliah. cemas mulu kalo pas mau tidur. apalagi ngerasain kaki dingin n perasaan lagi di intai orang lain... :'(

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan