MICROSOFT BLOGGERSHIP 2011: Promosi Lewat Dunia Maya

VISIT INDONESIA !

Siapa sih yang gak pernah denger slogan itu ? Sempet digaung-gaungkan beberapa tahun silam dan menjadi salah satu semboyan buat mempromosikan pariwisata Indonesia. Iklanya sampai ke luar negeri, pesawat-pesawat milik pemerintah di tempeli ama slogan itu, dan sempet menghiasi papan reklame di jalan-jalan besar. Sekarang bagaimana ? Kok gak ada gaungnya lagi?



**

[caption id="" align="aligncenter" width="305" caption="logo visit indonesia"][/caption]

Sebenernya pariwisata adalah cara yang cukup ampuh untuk mendapatkan devisa pendapatan suatu negara. Coba lihat aja thailand yang pendapatanya dari pariwisata bisa mencukupi kehidupan bernegara di negeri tersebut atau tengok negara tetangga yang lain, singapura, yang sekarang lagi mengembangkan beberapa wahana kelas dunia di tempatnya seperti Universal studio. Nah kenapa sekarang indonesia tidak bisa?

Indonesia sebenernya mempunyai keunggulan yang cukup banyak dari negara lain. Misalnya aja kita mempunyai kebudayaan etnik yang sangat banyak, bahasa daerah di indonesia aja sekitar 150 (Sumber : Indonesia.go.id), belum lagi keunggulan dari sumber daya alamnya yang sangat menarik dan masih orisinil karena belum banyak didatangi orang

Nah, kalo kita udah punya sumber daya alamnya apa yang kita kurang dong? Infrastruktur mungkin ya, tapi ada yang bisa mengalahkan itu semua : Promosi.

Promosi di jaman sekarang juga gak hanya dilakukan secara cara biasa tapi juga secara modern. Menggunakan internet adalah salah media ampuh mempromosikanya. Twitter, Facebook, Youtube, Myspace,Blogging, adalah salah satu media sosial yang memungkinkan untuk berpromosi. Bahkan presiden Amerika Serikat saja, Barrack Obama, adalah salah satu yang giat melakukan promosi online pada saat kampanye dulu. Contoh sukses lain adalah bantuan kepada Haiti setelah terjadi bencana gempa. Dari twitter semuanya bisa dihimpun dengan cepat dan bantuan pun segera terkumpul dan yang paling menarik dari promosi online adalah : Hemat Energi !

Dengan menggunakan sumber daya energi yang tidak terlalu banyak kita sudah menyiarkan promosi yang bisa menjangkau seluruh dunia ! Apalagi di saat sumber daya alam yang semakin menipis (Kabar terakhir hanya sampai 100 tahun lagi sumber daya di bumi ini) kita tentu harus menyiapkan alternatif untuk beberapa kegiatan, salah satunya ya promosi melalui internet ini.

Nah aku sebagai blogger yang concern terhadap kegiatan hemat energi pun gak mau ketinggalan membagi tips aja gimana caranya kita bantuin negeri tercinta ini untuk bisa dikenal di dunia.

1. Mulai lah tulis tentang Indonesia !

Sebagai blogger emang langkah awal harus menulis tentang indonesia. Misalnya aja menulis tempat-tempat seru di indonesia. Misalnya kayak pantai-pantai di lombok yang emang keren banget, atau daerah di papua yang memiliki kebudayaan unik.

2. Postingan dengan foto lebih baik

Setiap tulisan itu akan lebih menarik apabila ada gambarnya. Ini tentu juga membantu dalam mempromosikan pariwisata indonesia. Misalnya aja kalian menemukan kejadian unik di indonesia contohnya : Acara ngaben di gunung Bromo.

3. Aktif

Maksudnya disini aktif adalah setelah kita mempunyai postingan yang bagus jangan diem dan tidak bergerak tapi kita harus aktif memberi tahu adanya postingan itu ke semua orang. Misalnya bisa dengan blogwalking atau selalu berpromosi dalam forum internet.

4. Pasang Banner Visit Indonesia

Ini adalah salah satu cara ampuh untuk berpromosi. Jadi kita tinggal memasang visit indonesia sehingga setiap pengunjung dalam web atau blog kita akan otomatis melihat banner itu. Apalagi jika diberi link mengarah kepada situs resmi pariwisata Indonesia. Tentu akan semakin menaikan peringkat dari website tersebut.

**

Pemerintah juga punya website resmi yang cukup bagus untuk promosi pariwisatanya loh, kunjungi aja di http://www.my-indonesia.info/ . Beritanya cukup up to date dan disajikan dalam bahasa inggris tapi kurangnya promosi membuat web yang bagus ini agak terasa sia-sia.

Jadi sebagai warga negara yang baik gak ada salahnya toh kita membantu mempromosikan negeri kita sendiri. Dengan menggunakan kemampuan kita (karena kita blogger berarti via internet) sebenernya promosi lebih terasa gampang apalagi jumlah blogger atau user aktif di indonesia mencapai 30 juta. Gak ada salahnya kalo promosi buat negeri sendiri kan ?

Comments

  1. ini perlu usaha nasional pemerintah dan rakyat

    ReplyDelete
  2. mungkin pemerintah lebih fokus ke devisa negara dari TKI atau TKW, jadi sedikit melupakan Visit Indonesia hehe :D

    ReplyDelete
  3. kalo saya sih lebih fokus aja ke satu tujuan yakni menaikkan pamor indonesia via blog
    kayanya itu udah cukup deh

    goodluck ya!

    ReplyDelete
  4. Because that, I love Indonesia so much... :)
    Negeri kaya raya akan alam dan budaya... :)


    Salam BURUNG HANTU... Cuit... Cuit... Cuit...

    ReplyDelete
  5. aku pernah posting tentang pengalamanku berwisata di pulau tidung... alih2 memuji keindahannya aku justru terganggu dengan banyaknya sampah di pulau tidung.......

    mau posting tentang sampah pulau tidung, ga enak juga krn masyarakat pulau itu hidupnya tergantung dari pariwisata

    ReplyDelete
  6. yuk promosi wisata daerah masing :)

    ReplyDelete
  7. saya akan berusa untuk mempromosikannya.. dmna mas link gambarnya

    ReplyDelete
  8. ini postingan buat ikut lomba ya ric ?
    eniwei, posting ttg BNS dooong ric :)

    ReplyDelete
  9. Setuju aku. Percuma punya website / blog bagus tapi kurang promosi, jadinya sia-sia. Mendingan biasa tapi sering berkunjung kesana kemari jadinya bisa dikenal orang lain :lol:
    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

    ReplyDelete
  10. btw, penasaran... tu kenapa yang dipake wat logo burung ya? apa ada hubungannya dengan garuda pancasila? ato ada filosofi lain? coz dari sekian banyak ragam kekayaan indonesia, yang dipilih burung...hmm....
    tapi sejauh ini, aku suka desain simple-elegannya ^_^

    ReplyDelete
  11. Kunjungan persahabatan dari blogger tetangga...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan