Nikah muda ?! Wow !

Hari minggu yang lalu, aku mendapat undangan salah satu temenku SMP. Ternyata temenku, dia adalah seorang cewe, ini akan melangsungkan resepsi nikaanya. Wauw, aku cukup surprise juga yah soalnya kan dia, sebut aja Ami ini sebelumnya emang udah santer terdengar kabar kalo dia udah nikah tapi aku belum mendapat konfirmasi yang resmi sampai aku ngeliat akad nikahnya di salah satu foto facebook temenku (terdengar seperti investigasi gosip di tv aja ni).

Mungkin aku agak termasuk anak yang telat untuk mengetahuinya, jadi aku pun ngajakin temen-temenku smp untuk ikutan ke nikahanya. Sebenernya sih aku ama si Ami ini juga satu jurusan tapi karena di aksel jadi di atasku setahun. Akhirnya aku berangkat berlima ke resepsi nikahan dia. Acaranya sederhana aja sih, dan dia tampak seneng ngeliat kedatangan aku (soalnya dia cuma ngundang  lewat event Facebook sih). Sambil keliling ngeliatin meja makan, aku ngomong sama temenku yang juga satu angkatan sama si Ami inih.

"Eh, bukanya dia itu udah nikah lama yah ?" Tanyaku penasaran, ke temenku yg satu jurusan ini



"Iya ric, udah lama, tapi baru diresepsikan dia sekarang?" Jawab temenku ini, menghilangkan penasranku. Eh tiba-tiba aja ku iseng nanya yang lain

"Dia udah punya bayi belum sih?" Dengan nada penasran dan sebenarnya iseng aja aku tanya gini

"Udah ric, kalo ga salah sih uda 2 bulan bayinya tuh, eh udahan dulu ya mau foto bareng" Dia jawab sambil ngeloyor soalnya mau foto sama pengantin. Meninggalkanku dengan kebengongan luar bias

UDAH PUNYA ANAAAKK ??? WOW UMURNYA MASIH 20 TAHUN WEEY..

Yaaa.. Sebenernya sih aku ga kaget-kaget amat, salah satu temen sekolahku dulu juga, ketika umur 15 tahun malah uda ada yang menikah dan mempunyai anak walaupun sekarang entah dimana dia. Rata-rata sih pada "kecelekaan" semua dan gak ada yang 'resmi' kayak gini. Makanya aku heran ..

Nikah di usia muda adalah pilihan, ketika aku cerita sama nyokap. Aku ngomong panjang lebar tentang ketidaksetujuan ku tentang nikah muda. Nyokap sih jawabnya kalo cewe gak papa, asalkan cowonya kaya. Dia ngasih contoh Nia ramadhani yang dinikahi oleh seorang turunan berdagu-lancip. Yeee... kalo nia ramadhani mah keliatan matrenya kali yah, tapi ini temenku nikah dengan sadar dan di usia muda. Menurutku itu yah, ehm.... Emang udah siap ??

Yah pasti jawabanya udah siap lah, buktinya dia uda mau menjalaninya. Bahkan sudah punya momongan, dan dia tetep meneruskan kuliahnya sampai saat ini. Hebat yah, mau menjalani kuliah dengan membawa bayi dan status "Married" Beneran, bukan seperti yang ada di facebook. Anak umur 94 saja sudah married ? Wew, itu married beneran atau cuma mau keren ya dek ?

***

Pertanyaan seru adalah ketika ada kumpul-kumpul dan ngomong kemungkinan nikah di usia berapa. Hmm.. Mungkin untuk saat ini aku masih bertahan di usia 27 tahun nikahnya, ketuaan ? Biarin wkeke.. Lah kalo diitung aja aku lulus kedokteran ini umur 24, belum lagi ngambil spesialis dan tetek bengek. Uh serasa tua aja aku saat ini (padahal emang tua)

Tapi tetep aja, aku kok yaah agak geli juga kalo anak nikah di usia muda. Membawa momonganya ke dalam kampus karena harus memberi ASI (bagi yang cewe lho).

Uh sepertinya aku harus membiasakan diri deh, di awal umur 20 ini kemungkinan besar banyak temanku yang akan siap mengirim kartu undangan pernikahanya.

Comments

  1. Yah Ric, kalo pernikahannya MBA (Married By Accident) sih kesiapannya diragukan.. bukan siap dari awal biasanya, apalagi masih muda.. siap ga siap, harus siap! hehehe :mrgreen:

    Memang banyak cibiran yg muncul klo nikah MBA, tp di sisi yang lain juga harus ada yang di appreciate.. yaitu, mereka berani bertanggung jawab, apalagi di usia belia.. ya toh? :)

    ReplyDelete
  2. aku mau komentar tapi sama sistemmu eror. ya udah ganti komentar gini aja.

    ReplyDelete
  3. nikah muda...
    enaknya pas malem pertamanya doang kayanya :p

    ReplyDelete
  4. "kalo cewe gak papa, asalkan cowonya kaya"

    ah cari cowok kaya ahh... kaya manusia yg beriman dan berbudi pekerti yg baik o:)

    ReplyDelete
  5. itu mah MBA broo.. meteng by accident....


    g liat muda or tua nya....

    ReplyDelete
  6. ....nikah muda??
    Saya juga mau... :|
    Tapi bukan berarti nikah di bawah umur 20-an, umur saya udah 21... :D
    Kalo bisa nikah sebelum 25 tahun, syukur.... :)
    Manfaat dari nikah awal itu supaya saat anak masih kuliah atau sekolah, kita orang tua masih belum pensiun. Jadi, setidaknya masih bisa menyekolahkan anak2 gitu....

    ReplyDelete
  7. saya juga ingin nikah muda... tapi tak kesampaian :D

    banyak juga kok teman saya yg siap nikah muda, biasanya mereka anti pacaran,

    mereka sangat percaya diri dgn menikah muda dan siap menerima resiko,yg penting halal

    ReplyDelete
  8. tertarik baca post yang ini... gimana tuh rasanya nikah muda?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan