Mobil Esemka, kebanggaan anak Smk di awal 2012

Awal tahun baru ini di isi dengan kehebohan dengan dibelinya mobil Esemka oleh Walikot solo. Fyi, mobil esemka adalah mobil yang dibuat oleh anak SMK kota solo jadi mungkin ini adalah salah satu karya anak bangsa.

Jadi cerita secara singkat bahwa mobil ini sebenernya udah di rakit sejak lama, dan sempet dipamerkan kebeberapa pameran. Kebetulan walikota solo yang saya demen karena sesama penggemar musik metal Joko Widodo, akhirnya membeli tu mobil.

Lalu tiba-tiba berita ini menjadi nasional, wah anak SMK bisa ngerakit mobil !! Yah sebenernya ini gak perlu diraguin lagi deh, waktu jaman pak habibie aja dulu kita pernah ngerakit pesawat sendiri, masa merakit mobil aja gak bisa. Sebenernya orang-orang indonesia ini gak kalah deh ama orang cina yang terkenal bisa buat segalanya.

***

Sebenernya proyek mobil esemka ini adalah proyek lama, kalo diliat pada tahun 2009 smk 1 singosari-malang juga telah membuat proyek mobil dua kabin ini tapi sayang pada saat itu mungkin bupati malang hanya meresmikan mobil itu.

 

Terima kasih kepada pak joko widodo yang membantu membuat proyek mobil ini menjadi berita nasional. Dia bahkan tanpa sungkan membuat mobil ini menjadi kendaraan dinas menggantikan toyota camry ! Wow padahal kalo saya sih yah lebih milih camry, kalo di ajak ngebut bisa sih hihihi..

Menurutku Walikota solo ini bener-bener hebat deh, dia seakan bisa menciptakan sensasi yang positif dan lebih berpihak kepada rakyat dan media pun dengan senang memberitakan dia. Jadi respon masyarakat positif semua,

Tapi tentu aja ada yang kontra dengan dia, seperti Gubernur jawa tengah yang ngomong

“Bangga itu boleh. Bangga bahwa anak-anak kita bisa berkarya luar biasa. Tapi kebanggaan itu yang terukur dong. Lha ini belum apa-apa, teruji saja belum kok sudah ada yang berani pasang pelat nomor (untuk kendaraan dinas -red). Sembrono itu namanya. Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana. Tidak usah cari muka lah,” sergah Bibit.

Kalau nanti sampai nabrak kebo gimana ???

Buahauahau… ngakak abis ngebaca komentar dari gubernur jawa tengah yang satu ini. Emang sih dia pernah bertengkar sama walikota solo sebelum ini, jadi gak kaget kalo dia emang gak begitu suka kalo tiba-tiba jokowi mendapat perhatian luas. Padahal menurutku jokowi yah dia memperlihatkan ke media kalo SMK itu bagus, dan gak kalah sama produk luar.

Dan kalo mau liat salah satu prototype mobilnya esemka bisa dilihat disini

 

***

Dan.. aku pengen berkomentar, mobil ini bagus yah proyek anak SMK yang mendapat perhatian bagus dan harus dibantu oleh pemerintah untuk memenuhi persyaratanya bukan malah menghujatnya. Heran deh, ini dari dalam pemerintah sendiri gak mau membantu apalagi masyarakat luar? Lagian kan mereka masih SMK atau masih kurang dalam ilmu dan pengalaman jadi ya seharusnya dibantu sih,

Selain itu komentar dari pejabat setidaknya dijaga, well, nabrak kebo bukanlah sesuatu cerdas. Gue tiba-tiba ngebayang adegan disalah satu acara televisi yang suka ngerjain orang, dia lagi bawa mobil dan nabrak kebo karena setirnya udah dikendalikan oleh orang lain.

it Must be Funny

 

17 Comments

  1. wah bagus itu…saya mendukungnya karena saya juga dulu lulusan SMK otomotif hehe
    gubernur yang sembrono, bikin aja gak bisa dah mencibir hehehe…
    keker tampilannya.. mantab dah walau belom nyoba naikin hehe

    Reply
  2. bangga banget Indonesia bakal punya mobil nasional 😀
    apalagi mobil esemka adalah hasil karya anak SMK… salut deh

    semoga bisa cepat dikeluarkan izin pemasaran agar bisa bersaing dengan mobil dari negara lain

    Reply
  3. kalo saya mah ikut mendukung saja sob.. hasil karya anak bangsa kan haru didukung!! siapa tahu indonesia beneran bisa memproduksi mobil nasional besar2an.. tapi lucu juga baca komen sang gubernur ntu, hahahahaha.. lha wong walikota solo udah biasa naik camry, mosok iya dia gk bisa ngehindarin kebo yang lagi permisi numpang lewat 😀

    Reply

Leave a Comment.