Apa itu SOPA ? Dan Efeknya ?

Tanggal 18 bulan januari awal tahun 2012 mungkin akan menjadi hari yang bersejarah bagi wikipedia. Lah kenapa emangnya ?

Untuk pertama kalinya wikipedia akan menshut down layananya selama 24 jam. Hal ini untuk mengkampanyekan gerakan Anti SOPA yang lagi rame dibahas di kongres amerika.

Opo maneh SOPA iki ric.. eric.

**
Piracy

 

Sopa adalah kepanjangan dari Stop Online Piracy Act yaitu sebuah rancangan undang-undang yang bertujuan untuk melindungi semua merk dagang yang telah didaftarkan di kantor panten. Sebenernya amerika sudah punya DMCA, yang kurang-lebih sama mengatur tentang pembajakan tapi mungkin karena di anggap terlalu kuno jadinya munculah SOPA.

Kalau sebelumnya di DMCA tidak terlalu masuk ke ranah website, di SOPA ini maka pemilik website pun juga bisa kena hukuman. Misalnya websitenya di hapus atau mungkin bisa aja dipenjara sang owner

Pemerintah Amerika serikat bisa memaksa layanan hosting, pembayaran, pencarian online, penyedia layanan domain untuk memutus kontak atau menghapus semua account yang terindikasikan melanggar hak cipta suatu produk di dalam websitenya. Dengan undang-undang ini maka pemerintah amerika bisa memaksa situs pembayaran online (Paypal, alertpay, LR) untuk memutus semua dana advertiser yang situsnya memuat pelanggaran hak cipta.

Situs Godaddy.com beberapa waktu lalu sempet melakukan supporting terhadap SOPA ini. Dan apa yang terjadi selanjutnya ? Ternyata orang-orang pada melakukan transfer domain karena takut mereka akan dikenai hukuman karena melanggar hak cipta di dalam website mereka.

Takut ni yee..

***

Pemerintah amerika serikat sebenernya bertujuan melindungi hak cipta yang diciptakan warganya sendiri  dan merencakan undang-undang baru ini. Yah wajar aja sih, perusahaan gak pengen rugi dan mati suri karena bebasnya data yang di sebar-luaskan di internet.Kayaknya hampir semua hak cipta yang berada di internet punya orang amrik ye?

Tapi ternyata banyak kontra yang ternyata perusahaan website besar juga berpartisipasi misalnya Google, AOL, Facebook, Twitter, LinkedIn, Zynga, dan tentu saja WordPress yang mengkampanyekan memerangi SOPA di salah satu postingnya — Help Stop SOPA/PIPA. Dan yang paling beken wikipedia menutup layananya pada tanggal 18 januri 2012 ini.

Salah satu insinyurnya google pun menolak loh undang-undang ini dan dia pun membuat ilustrasinya di salah satu video

 

Katanya sih ini termasuk memberangus kebebasan berkespresi dalam berkarya, mungkin kejadian ini sama kayak NAPSTER. Waktu itu napster tiba-tiba menjadi perhatian publik karena menawarkan sistem yang peer-to-peer (kayak torrent sekarang) untuk semua jenis musik. Banyak musisi yang tidak setuju, tapi gak sedikit yang mendukung. Metallica salah satu yang gak setuju kalo musik bebas berkeliaran di internet.

Ini adalah salah satu pendukung dan yang kontra terhadap undang-undang ini

Supporters of the bills include television networks, music publishers, movie industry bodies, book publishers and manufacturers.

Critics include Google, Facebook, Twitter, Wikipedia, Yahoo, eBay, LinkedIn, AOL and Zynga.

Menurutku ini adalah salah satu bentuk kapitalis yang beratas namakan hak cipta (copyright).

***

Tapi kalo misalnya emang akan ada pemberangusan ini mungkin website aku harus ganti themes deh, karena themes yang aku pakai sekarang ini adalah hasil bajakan alias nulled

He he he..

Di indonesia loh sebenernya kementrian kita juga lagi melakukan hal ini tapi mungkin karena kebanyakan hak cipta emang agak sedikit diabaikan di negeri ini maka pemberitaanya juga gak terlalu heboh

 

 

1 Comments

Leave a Comment.