Tips dan kunci Selama Ujian Nasional 2012

Well menyambut ujian nasional yang akan diselenggarakan besok aku akan bagi-bagi tips bagaimana menjalani ujian nasional 2012 ini dengan selamat. Berhubung aku adalah salah satu orang yang mampu survive terjangan ujian nasional ini maka aku mau bagi tips dikit aja.

Oke ini lah tips selama ujian nasional !

***

1. Ujian nasional adalah ujian sesuai standar kelulusan,

pastikan dapat handout standar kelulusan yang dikeluarkan oleh Depdiknas. Biasanya sih setiap guru dikasih dan akan membagikan ke murid-muridnya. Biasanya soalnya mirip dengan itu, kalo gak mirip ? Bakar aja kertas ujian nasionalya ! Hahahaha..

2. Sms Kunci jawaban… tidak selalu benar !

Well, kunci jawaban yang beredar bahkan sebelum soal diberikan adalah penyakit yang susah di atasi. Apalagi dengan perkembangan mobile yg memungkinkan “Kunci Jawaban” ini menyebar cepat. Jadi pastikan dulu jika kalian mendapat kunci, jangan percaya dulu tetap aja simpen jawabanya. Tapi aku ga ngomong jawaban itu pasti salah lho. Heheh..

3. Berdoa !

Entah kenapa ini adalah element penting, di tempat kita yang sangat religius ini maka harus dilakukan dengan doa. Jangan jadi kaya orang bule yang mulai kebanyakan atheis, doa itu element sangat penting. Trust me !

4. Tidak bisa menjawab ? Mau nyontek ??

Wah jadi apa bangsa ini kalo kamu nyontek. Hehe.. eits tapi tenang aja aku sendiri juga kadang nyontek kok tapi harus dilakukan dengan teliti. Pengawas ujian itu kadang aneh-aneh, dulu pernah dapet orang yang enak banget. Malah di salah satu sekolah temen aku dulu pengawasnya pernah ngomong

“Saya tinggal 15 menit yah, kalian mau ngapain terserah di ruangan ini tapi setelah saya kembali saya akan mengambil jawaban kalian karena waktu sudah abis”

Kacau ni pengawasnya !

5. Ingat UN hanya batu loncatan untuk menjalani langkah selanjutnya : SNMPTN atau masuk ke Kuliah yang diinginkan.

Jadi sebenernya bobot Ujian Nasional ini mungkin hanya seperlima dari soal masuk universitas jadi usahakan tetap fokus pada masuk universitas. Oh iya gimana yang anak smp ? Ya Fokus Ujian nasional dong, kan itu syarat masuk ke sma bukan sih?

6. Jujur !

Ingat syarat untuk lulus UN itu sebenernya sangatlah gampang. Minimal betul setengah dari soal yang diujikan udah lulus kok. Jadi ngapain musti harus mati-matian mencontek atau mencari jawaban di sms itu. Kalian belajar selama 3 tahun kalo bener pasti lulus deh. Jadi menurutku jujur aja pada diri sendiri, lagian nilai yang keluar tidak dipakai juga. Inilah kesempatan untuk menilai 3 tahun hasil sekolahmu sebelum kuliah !

Oke mungkin itu aja, moga-moga lulus semua yah peserta UN 2012 diseluruh Indonesia ! AMIN

Leave a Comment.