450,000 Yahoo email telah di hacked ! Apakah punyamu juga?

Ngeliat beberapa komentar dari postingan sebelum ini ternyata banyak yang gak tau band pure saturday yah? Yah gak salah juga sih, ini band emang jaman jebot (gak tau deh maksudnya jebot apaan) dan emang gak begitu banyak ngeluarin album. Tapi kiprah mereka waktu itu bersama Pas Band, nah kalo yang ini tau kan? menjadipendobrak musik indie ketika tahun... 1995. Haha udah lama banget yah? tapi tetep aja karya mereka menjadi salah satu kiblat musik indie di tanah air.

**

Beberapa saat yang lalu aku lagi membaca sebuah portal berita jika terjadi kebocoran data dari pengguna yahoo. Data ini berisi username dan password yang berjumlah sekitar 450,000. Dari jumlah itu sekitar 5 persen atau lebih ternyata valid, hal itu tentu membuat ketar-ketir pengguna yahoo yah.



Berikut adalah statment resmi dari yahoo
At Yahoo! we take security very seriously and invest heavily in protective measures to ensure the security of our users and their data across all our products. We confirm that an older file from Yahoo! Contributor Network (previously Associated Content) containing approximately 400,000 Yahoo! and other company users names and passwords was stolen yesterday,July 11.  Of these, less than 5% of the Yahoo! accounts had valid passwords. We are fixing the vulnerability that led to the disclosure of this data, changing the passwords of the affected Yahoo! users and notifying the companies whose users accounts may have been compromised.  We apologize to affected users.  We encourage users to change their passwords on a regular basis and also familiarize themselves with our online safety tips at security.yahoo.com.

Bagi pengguna internet angkatan tua (dibawah 2005) mungkin yahoo menjadi salahs satu layanan email yang favorit yah. Aku aja pertama kali buat email yah di yahoo ini, waktu itu sama sekali gak ngerti apaan yaudah iseng aja buat. Sampai setahun email gak tau fungsinya buat apa haha..

**

Bagaimana kamu bisa tahu apakah sudah menjadi korban atau belum dari data yang bocor ini ? Ternyata salah satu perusahaan keamanan internet membuat tools yang cukup simpel untuk mengeceknya. Security firm Sucuri membuat tools yang bisa mengecek apakah emailmu terkena hack atau tidak.

Dari data yang dirilis situs keamanan sucuri, dari "123456? dipakai menjadi password untuk 1,666 of the accounts; “password” dipakai 780 dari jumlah total. Hal ini tentu menjadi pertanyaan.. Hari gini nulis Password masih gampangan gitu ?? Selain itu pengulanngan nama seperti Maggie and Michaeldan penulisan angka berulang seperti "123123" masih banyak di temukan

Aku pun coba ngetest apa emang alat ini bekerja dengan masukan emailku dan ternyata emailku tidak termasuk yang kena hack, Yey !



Gimana emailmu ?

 

Comments

  1. info yg berharga bro, agar kita lebih hati hati lagi terutama soal kekuatan keamanan password email kita, thank's...

    ReplyDelete
  2. punyaku juga aman :D ga ada yg sudi ngehack email orang biasa seperti saya. hehehe.

    ReplyDelete
  3. wah apakah ini juga yang menyebabkan website saya kemarin di babat habis sama orang, bersih tanpa bekas. langsung cek ke tkp siapa tahu email yahoo saya dah gak aman

    ReplyDelete
  4. setelah "isu" kiamat internet, pembajakan akun yahoo menjadi "isu" berikutnya *sedih*

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan