Tips Untuk Sahur On The Road

Beberapa saat yang lalu gue lagi bbman dengan salah satu temen. Di percakapan itu gue baru tau kalo dia ternyata lagi pengen ikut ke acara sahur on the road bersama teman-temanya, bisa dikatakan sih ni anak ini termasuk abg atau dikatakan Anak Baru Gede, lulus sma baru tahun lalu. Tapi dia masih bingung karena gak tau mau nebeng ama siapa entar sahur on the road nya ini.

Gue sok cool aja nawaring untuk nebengin dia. Yaaah... tapi itu basa-basi juga lah, tau diri juga lah gue. Entar tampangnya lebih mirip om yang lagi jagain abege-abege ini Saur On The Road



**
Sahur On The road bisa dikatakan adalah sahur di jalan. Jadi gak di dalam rumah seperti kebanyakan orang, melainkan di luar rumah. Sebenernya gue gak begitu paham dengan gaya hidup yang satu ini, sama seperti gak pahamnya kenapa cewe-cewe indonesia masih setia memakai hotpants di kala musim dingin. Kenapa musti di lakuin di luar sih ?

Yang kita tahu adalah bulan Ramadhan adalah bulan dimana penuh pemberian pahala. Bisa dikatakan ini adalah Great Sale buat orang yang hampir seluruh hidupnya penuh dengan dosa, di saat ini adalah bulan dimana lo bisa dapat pengampunan. Dan setelah menempuh kriteria kedewasaan yang baru (Iya sekarang gue termasuk kategori Adult, hiks) maka mindset tentang gaya hidup sedikit dirubah di bulan ini. Gue lebih religius euy !

Gue juga gak begitu paham dengan acara sahur on the road ini. Lo pada kumpul di tengah malem, lalu makan bareng, abis itu pulang ke acaranya masing-masing. Syukur kalo masih nyempetin solat di masjid, lah ini udah bawaanya ngantuk gak jadi solat subuh deh. Apalagi tentu kita ingat tentang tragedi sahur on the road sma 28 jakarta tahun lalu yang menewaskan 2 orang karena di ajak ngebut-ngebut oleh sang sopir yang masih ingusan, bahksan Surat Izin Mengemudi aja belum punya.

Walaupun gitu emang sahur on the road gak bersifat negatif juga, beberapa komunitas bahkan membuat acara sahur bareng di jalanan juga kepada orang yang membutuhkan.

Tapi tentu aja gue ngomong kaya gini karena juga pernah melakukan sahur on the road juga. Bahkan selama di Kost di kuliah ITS dulu aku selalu melakukan sahur on the road bersama teman kos, yaiyalah kita sahur kan musti cari makan diluar apalagi cowok sangat jarang yang mau masak sendiri.

Nah saran aja ni bagi abege-abege yang pengen melakuin harus ngelakuin hal-hal yang penting di bawah ini:

  •  Inget tujuan sahur on the road itu cuma sahur bareng ama temen di jalanan, nah tampak keren kan? Udah gak usah ditambahin ngebut-ngebutan lagi deh, malah bikin gak keren.



  •  Kalo gak biasa bawa kendaraan malem, maka harus lebih hati-hati Jangan disamakan bawa kendaraan malem itu sama kaya nonton dvd semalem suntuk. Beda bos, kalo nntn dvd kebawa tidur sih gak papa.



  • Berbagi, inget ini bulan puasa maka berbagilah dengan orang yang membutuhkan di luar sana. Beri edukasi kepada mereka untuk melakukan puasa, ini termasuk ibadah loh



  •  Jangan menganggu orang lain, kalo udah di jalanan dan lagi kumpul ama temen pasti bawaanya rame mulu. Maka hormatilah orang di sekitarmu.


Itu aja sih, yah semoga puasa kita lancar dan diterima Allah swt

 

puasa

Comments

  1. kalau aku sahur on the road itu identik dengan bagi bagi sahur ke anak-anak jalanan mahalan.. tapi aku males juga seh.. enakan subuh2 itu tetep ya di rumah :D

    ReplyDelete
  2. Sahur on the road lagi tren trennya bang.
    Tapi kalau dibarengi sampe begadang, ane kira paginya pasti ketiduran sampai siang macam batman.

    Nice tips, and lucu gambarnya.

    ReplyDelete
  3. biasanya tujuan sahur on the road barenk itu karena ada kegiatan sosial amal, yaitu membagikan santap sahur kepada kaum papa atau yang kebetulan lewat dijalan. cuma ya itu kadang ada saja yang suka jahil sehingga yang tadinya mau amal malah ada lawan nantangin berantem... beuh aneh tenan

    ReplyDelete
  4. aku termasuk jarang sahur on the road, dan malah puasa kali ini belum pernah. kalau yang sudah sudah sih biasanya buka puasa on the road, hehe

    ReplyDelete
  5. hahahaha, lucu komiknya.. saya belum pernah tu nyobain sahur on the road.. lebih enak dirumah, santai, hangat dan bebas tentunya.. gk tahan dingin euy, habis sahur mo shalat di masjid ada dinginnya luar biasa.. lah ini mo sahur dijalan, hmm kayaknya big no no deh.. tapi kalo sahurnya dijalan di dalam mobil, kayaknya boleh dicoba :D

    ReplyDelete
  6. yaaa klo saya boro-boro bisa sahur the road,toh saur di rumah aja makan nya sambil merem xixixixix :D

    ReplyDelete
  7. Kalau saya lebih suka di rumah sih. Dan biasanya kalau mau SoTR mereka pilih minggu kedua ketiga, karena minggu pertama lebih suka dengan keluarga.

    ReplyDelete
  8. kunjungan balik ni :D aku belum pernah sahur on the road. tapi tipsnya boleh juga gag gag gag :D

    ReplyDelete
  9. sarannya tambah satu lagi Om ... BDD alias bayar dewe dewe ... xixixi

    ReplyDelete
  10. tapi kalo sahur on the roadnya kaya ilustrasi gambar diatas, ane ikutan ah, hehehhee :D

    ReplyDelete
  11. aku malah baru tahu ada model sahur in the road

    ReplyDelete
  12. kakakkkkk mampir nih, met menunaikan ibadah puasa ya kak. :D
    kakak sendiri sahur on the road ga? coba mau liat fotonya kalo iya hihi.

    ReplyDelete
  13. Sahur on road.. sahur supaya kita bisa bersosialisasi.. salam kenal

    ReplyDelete
  14. komik itu lucu jga..itu emg bner2 on the road..bukan ditepi road..hehe apa seh??(maaf gaje)
    blum pernah seh, sahur on the road gtu..

    ReplyDelete
  15. Selamat malam,

    Kalau ditempat saya untuk ngadain acara sahur on the road sudah tidak diperbolehkan sama polisi. Mungkin karena sesuatu hal. Tapi, itu semua tidak menghentikan kreasi kita untuk saling memberi dan berbagi terhadap sesama.

    Salam

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan