Ingin Investasi di VGMC ? Pikirkan lagi ! Awas Scam

Beberapa yang lalu gue sempet ngobrol-ngobrol ama temen gue. Dia mengatakan lagi mengikuti salah satu program "investasi emas" bernama VGMC. Katanya dia ini adalah salah satu jenis investasi yang menjanjikan, bayangin aja selama sebulan return yang di hasilkan adalah sebanyak 12% dan selama setahun bisa menghasilkan 120% ! Ini bahkan lebih tinggi daripada reksadana bank manapun..


Gilee... Ini mah uda ketauan gak beresnya.. Dan setelah gue itu pun pulang dan mulai menyelidikinya.


Virgin Island



**


Pertama tentu gue membuka google dan mencari informasi yang berhubungan tentang VGMC ini. Gue juga mencari informasi tentang web ini dari twiter, dan dari kesimpulan sementara gue menduga ini adalah website yang menyasar kepada orang-orang di indonesia-malaysia-india. Untuk bule barat kayaknya belum ada yang tertarik ama investasi ini. Selain itu banyak situs-situs kecil mereka bersumber dari blogspot. Hmmmm.. Oke gue udah liat letak geografisnya, sekarang ke "Cara permainan mereka"


Dalam situs resminya VGMC menawarkan Convertible Preferred Stocks (CPS) atau saham preferens. Apa itu Saham preferens ? Well bisa dikatakan itu merupakan jenis kepemilikan saham dengan pembagian deviden tetap dalam periode tertentu. Dengan batas minimum pembelian (yang jumlahnya gak dikit bo), maka pemegang saham ini berhak mendapatkan dividen tetap tiap bulan. CPS ini bisa ditukarkan dengan saham biasa jika perusahaan memutuskan untuk go public IPO (yang tidak disebutkan kapan) Jadi ini tidak memperdagangkan emas sekali, tapi hanya berupa jumlah saham yang di dapatkan dari downline.


Hmm masih bingung ? Jadi bisa dikatakan kita ini membeli sebuah saham prefrens, yang mendapat deviden selama 12% sebulan. Nah jika perusahaan ini akan IPO maka saham preferens ini akan berubah menjadi saham biasa. Tapi aku berani bertaruh, sampai 1000 tahun lagi pun perusahaan ini gak akan IPO. Wkekeke..


**


Dengan ketingkat tidapercayaan yang tinggi maka VGMC pun berusaha menjadi lebih "esklusif". Ini bisa dilihat dengan pendaftaranya yang hanya bisa dilakukan jika ada Referral id atau orang sebelumnya yang udah mendaftar. Konsep Member-Get-Member tiba-tiba menjadi jelas disini. Padahal kan itu udah mencermikan banget skema piramid.


Lalu deh gak ketinggalan foto-foto lebay ala pemenang kuis pun dipamerkan. Ada yang foto mejeng lagi sama mobil barunya, ada yang lagi "rapat" di salah satu ruangan di Dubai.


Tapi.. tapi  kok bisa mereka melakukan itu semua ? Saya liat loh ada ruangan rapat, lalu dengan historis website mereka dari tahun 2001 ? Lalu perusahaanya kok bisa terdaftar di negara panama ? Bagaimana itu bisa terjadi ?


Sebenernya kayak ginian mah bisa di manipulasi biasa aja



offshore company registration


Coba kamu deh googling dengan keyword : offshore company registration. Maka akan dihasilkan banyak sekali result, untuk negara panama sendiri biaya registrasinya adalah 799-1199 Euro kamu udah bisa mendirikan Perusahaan resmi disana ! Bahkan pemohon tidak usah pergi kesana, cukup kasih detail mau perusahaan kayak apa. Selesai pun cuma 1 hari kerja !



Umur Website


Domain emang memiliki usia yang cukup tua, di register dari 2011. Tapi sebenarnya domain ini dijual di layanan broker seperti godaddy. Untuk melihat data historisnya bisa dilihat disini. Malah sebenernya gue yakin, dia memilih VGMC.com dulu baru mencoba untuk memberi kepanjangan setelah membelinya.



Meeting di Dubai


[caption id="" align="aligncenter" width="400"]null Pura-pura meeting ?[/caption]

Sama seperti ketika membuat nama perusahaan. Coba ketik aja dubai virtual office, maka akan dihasilkan sejumlah pencarian jasa untuk menyewa kantor di dubai. Pilihanya bisa menyewa hotel atau ruangan bisa, untuk dekorasinya bisa dipesan terlebih dahulu. Kurang meyakinkan? Bisa juga kok dipesenkan untuk logo perusahaan biar klient yakin kalo itu adalah kantor sungguhan.


Dan baru dapet searchin gue nemu ginian :


VGMC IS A SCAM. It has:


- no gold
- no gold mines
- no employees
- no trade memberships
- no investments
- no joint venturers
- no government licenses or permits
- no registration on any stock exchange
- no financial statements
- no private placement memoranda


**


Bagaimana reaksi diluar ? Di malaysia, situs ini bahkan menjadi situs yang diawasi. Sedangkan di Indonesia ? Berita terakhir dari kontan sih menyebutkan pihak pengawas sudah memanggil manajemen tapi mereka menolak untuk hadir, hehehe takut ni yee...


Dan gue yakin, banyak orang di luar sana mungkin akan membela habis-habisan investasi ini dan mungkin itu petinggi-petinggi mereka aja.



Investasi begini itu masih menimbulkan banyak korban yah karena tetap sifat manusia yang paling sangat mendasar yaitu : Serakah. Mumpung masih kelar bulan puasa, lebih baik kan mengendalikan nafsu termasuk serakah itu. Berpikirlah jernih, tidak ada makan siang gratis, kencing aja bayar !

Comments

  1. Trend penipuan seperti ini sebenarnya sudah 'klasik' sama halnya seperti penggandaan uang. Namun, masih banyak masyarakat yang tertipu krn tidak belajar dari yang sudah-sudah. Sebelum investasi, gali dan cari tahu sedalam-dalamnya, maka resiko tertipu sebenarnya bisa dihindari.

    ReplyDelete
  2. weww... abang aku baru dibujuk sama temen sekantornya masuk ini neh.. >.<

    ReplyDelete
  3. ada kawan saya ikut sudh hampir setahun tapi setiap bulan dapat terus devidennya hampir 12 persen setiap bulannya, kalau aktif ( mencari downline) akan lebih besar pendapatanya, saya diajak untuk gabung masih mikir2, tapi dilain hal temen saya itu sudah setahun lebih aman2 saja...

    ReplyDelete
  4. Ini gue pernah ditawarin sama temen chatting mIRC gue (lah masih jaman IRC?) tapi karena gue gak begitu ngerti.......jadi ya gak gue tanggepin hehehe

    ReplyDelete
  5. ane belom tau yang beginian gan
    jangankan mau nyobain, ane aja gak tertarik sama sekali sama investasi emas gitu

    ReplyDelete
  6. *masih kecil, ga ngerti bisnis-bisnisan huehehe*

    ReplyDelete
  7. [...] semuanya ! Wah uda lama banget gak ngeblog nih, hehehe pas buka blog eh taunya isi comment udah di spam ama pembela investasi VGMC. Wkekee sebenernya gue emang udah mengharapkan kok ama pembela-pembela [...]

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan