10.000 Jam, Syarat Untuk Menuju Kesuksesan ?

Akhirnya kesempatan juga baca buku mengenai Outliers: The Story of Success. Buku karangan Malcom Gladwell ini sempet menjadiBest Seller di tahun 2008 di Amerika sono, dan gak kaget juga aku baru denger 1-2  tahun ini karena pas jaman 2008 itu aku lagi di jaman batu (Baca: Kehidupan anak kos minim informasi)

Buku ini menarik karena melihat dengan detail bagaimana seorang menjadi sukses, siapa gak kenal bill gates ? Atau Amadeus Mozzart dan The Beatles ? Di buku ini juga banyak membahas mengapa pengacara di New York mempunyai sejarah yang hampir sama dan alasan mengapa orang jenius tidak bisa sukses. Semua dibahas dengan menghubungkan sosial, budaya, generasi, dan keluarga.


10.000 Jam, syarat mencapai kesuksesan ?


Dalam sebuah wawancara, john lennon ngomong kalo setiap hari the beatles harus bermain sekitar 8 jam sebelum terkenal. Dalam delapan jam sehari, tujuh hari dalam seminggu membuat melatih tidak hanya stamina mereka, tetapi juga kepercayaan diri. Dalam penelitian disebutkan the beatles memperoleh hampir 12.000 jam terbang tampil ! Di tahun segitu itulah yang membedakan mereka dengan band sejenis, karena jaman itu band sangat jarang untuk tampil

Lalu ada yang berhubungan dengan teknologi yaitu Bill gates (pendiri microsoft) yang lahir tahun 1955, pendiri Apple Computer Steve Jobs lahir tahun 1955, Bill Joy dan Scott Mcnealy pendiri Sun Microsystem lahir tahun 1954. Mereka dilahirkan di saat yang "tepat" karena saat itu ditemukanya komputer Altair 8800. Komputer yang paling user-friendly pada saat itu.

Kesempatan dan Relasi


Apalah artinya orang yang dilahirkan jenius tapi tidak bisa melakukan sosial dengan sekitarnya ? Permasalahan ini banyak ditemui pada banyak orang yang terlahir IQ tinggi, tapi itu juga membedakan mana orang yang jenius bisa sukses dan tidak.

Coba pikirkan, setelah investasi selama 10.000 jam lalu gak bisa kasih tau ke siapa-siapa ? Hanya berputar-putar di tempat dan lingkup yang sama, maka kesempatan sedikit harus bisa digunakan sedikit mungkin.

Selain itu di buku ini juga membahas budaya di asia seperti china, korea selatan, jepang (indonesia gak termasuk yang dibahas, hiks) bagaimana mereka sangat pintar dengan matematika. Kegigihan mereka mengakibatkan budaya keras yang terbawa sampai saat ini. Lalu contoh senioritas yang gak baik, ketika asisten pilot menemukan kesalahan pada pilot utama tapi ragu-ragu untuk mengingatkan sehingga menimbulkan kecelakaan pada pilot.

Untuk lebih lengkapnya silahkan baca ebook nya di sini aja. Siapa tau abis baca buku ini ketularan jadi sukses kan

Lah kalo aku gak suka baca gimana ric ?

Semua orang sukses berawal dari baca ! Jangan malas-malas untuk baca

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan