Ikutan Seminar MLM... Why Not ? Free Lunch euy !

Kalo ada kesukaan gue yang berbeda dari yang orang lainya mungkin ini yang agak aneh. Gue paling suka ikutan acara seminar MLM.

Bukan.. Bukan gue bukan salah satu member MLM yang selalu mencari mangsanya seakan udah gak pernah makan satu tahun, tapi gue paling demen soalnya acara MLM itu mesti bonafit bener. Biasanya di hotel mewah, dan kadang gratis. Nah inilah yang menjadi keuntunganya, gratis makanan ! Kalo misalnya gue gak ada acara dan diajakin ke acara MLM maka ya ikut aja. Biasanya seabis coffee break gue udah gak bisa ditemuin lagi.

Prinsip There ain't no such thing as a free lunch pun gak berlaku kalo lagi di seminar MLM.

**

Pengalaman


Selama mengikuti seminar MLM ini sebenernya banyak dan lucu-lucu. Pernah suatu saat ngeliat seminar di hotel yang berkelas tinggi, tapi yang dateng malah kayak penampilan mau ke pasar lalu ada lagi gue pernah kenalan ama orang yang duduk di samping gue ternyata dia telah mengikuti MLM banyak banget, hampir 5 katanya.

Gue mikir sendiri, MLM sebenernya sih bisa menjadi kaya tapi kalo udah gak fokus gitu mah ya susah juga. Lu kira lagi jualan kaya minimarket?

Dari beberapa hal yang gue liat dalam seminar MLM sebenernya semua sama yah, pertama-tama diliatin beberapa testimoni orang yang berhasil dengan produk ini. Diliatin pula orang punya jaguar, kapal pesiar, apartemen, rumah di kawasan elit jakarta dengan jualan..... Jus Alupkat :-| (waktu lagi ikut seminar MLM jus alpukat)



Lalu setelah itu mulai muncul satu-per-satu kepala bidangnya (aku lupa sebutanya) mereka mulai menjelaskan produknya. Keuntungan memakai produk ini, perbandingan produk ini dengan yang lainya. Para hadirin yang ikut pun mendengarkan sambil sesekali teramangut tanda setuju. Kalo ngeliat mereka jadi geli sendiri, jadi inget acara investor summit dimana perusahaan berusaha meyakinkan investor untuk menanam saham di tempat mereka. Tapi kalo di perusahaan MLM, para investor disuruh ikutan jualan

Jadi ya semacam kita itu investornya, tapi ya kita itu distributornya, kadang malah kostumernya juga !? Lah kok enak perusahaanya ??!!

Sampai saat ini gue gak abis pikir dengan orang yang bisa kesedot pusaran MLM, gue sendiri berada pinggir blackhole MLM tapi emang gue ga minat ama produk itu. Mungkin malah gue malah lebih tau dulu tentang marketing sejenis itu daripada mereka.

**

Berkenalan dengan MLM


Gue udah agak ngerti skema ini dari ketika pertama kali masuk ke dalam internet. Waktu itu? masih muda, ingusan, dan lagi sering-seringnya cara cari duit di internet. Beberapa hal yang gue temuin adalah salah satunya ya skema MLM ini. Saat itu ga juabis heboh-hebohnya Pohon Emas, suatu skema ponzi yang teknik marketingnya menggunakan MLM, ada bokap dari temen gue katanya sampai stress karena mobil dan rumahnya di tarik dan hampir bunuh diri.

Tapi MLM ini berbeda karena mempunyai produk dan berjualan produk bukan hanya investasi doang. Contoh produknya misalnya aja cuka, waktu itu gue pernah ngomong ama temen gue yang masuk ke dalam bisnis ini dan mengatakan kalo keuntungan yang diperoleh hampir 2 kali lipat produknya. Jadi kalo misalnya berhasil 1 juta rupiah, ya dapet untung 500 ribu. Gila bener, pantesan banyak yang cepet dapet duit
Gue sih gak terlalu terkesima dengan duit yang banyak itu, Alhamdulillah saat ini gue mempunyai usaha lain. Emang sih marjin keuntunganya gak sebesar itu, tapi tetep aja gue mensyukuri dan yakin karena gue bisa di bidang ini. Prinsip paling dasar bagi gue adalah : Jangan usaha dimana kamu gak ngerti bidang itu. Kalo emang niatnya mau belajar boleh sih tapi.... ya inget kalo rugi harus kembali lagi: niatnya mau belajar kan..

Mungkin saran gue untuk penggiat MLM ini cuma satu : Kapan harus masuk dan? kapan harus keluar. Jangan terlalu lama didalam MLM perusahaan itu aja, kalo udah mencapai target potensi keuntungan segera keluar. Kenapa ? Yah itu entar pengalaman yang bisa menjawab hahaha.

Anyway, gue selalu mengatakan ke temen. Kalo gue sangat tertarik dengan MLM, jadi kalo ada seminar lain.. dan gratis. Undang yah ! Hahaha lumayan jadi penghibur, gue bisa kok menjadi orang yang tertarik dengan produknya

 

 

 

 

 

 

 

 

Comments

  1. seengganya dapat makan siang gratis ya :)

    ReplyDelete
  2. saya sering ditawarin ikutan gabung sama MLM tapi mau dirayu gimana pun belum ada yang mampu membuka pikiran saya buat ikutan. janji manis dengan iming-iming yang menggiurkan, sekarang ini cari uang yang pasti-pasti ajalah kecuali buat sampingan sih gak masalah

    ReplyDelete
  3. Saya pelaku MLM yang sudah tak active, lumayan sering ikut seminar karena saya dulu lumayan sudah dapat posisi dan merasakan manfaatnya di luar MLM. Terutama ilmu Leadershipnya :)

    ReplyDelete
  4. Kalo saya sih belum pernah ikut seminar MLM.
    Soalnya emang gak ada bakat dagang dan nyari "anak didik" , hahahah :lol:
    Jadi ya males aja, toh paling2 gak bakal dipraktekin :mrgreen:

    ReplyDelete
  5. Saya pelaku MLM...menurut saya lihat dlu MLM nya, kalau ada yg tanpa modal, tanpa target penjualan, tutup poin, dagang suka2...bonus di bayar harian sesuai kerja mu dihari ini WHY NOt??? iseng2, santai rekening gendud. hihi...intinya dibawa santai aja..karier jalan, bisnis online shop saya jg jalan lumayan buat tambah2an sekolah anak heheheheh...
    mau tanya2 invite pin aja 76c40261
    salam sukses gan...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan