Perjalanan ke Pantai Balekambang Malang

Beberapa hari yang lalu kepikiran buat nyeritain pengalaman wisata gue selama ini. Setelah ngeliat tulisan sebelumnya emang gue jarang banget nyeritain masalah wisata di blog ini, nah mulai saat ini gue coba nyeritain deh masalah wisata ini !

Trip balekambang

Gue maba dua kali, iya sebagai salah seorang yang kuliahnya pindah ketika tahun pertama selesai maka gue dihadepin menjadi maba kali kedua di kampus kedokteran ini. Karena ada pengalaman maba sebelumnya, gue bisa menyimpulkan :

Tahun pertama adalah tahun orientasi dimana kalian harus lebih dekat mengenal teman satu angkatan

Maka perlu diperbanyakan kegiatan satu angkatan, misalnya ya ospek. Itu bagus loh, bisa berpikir dengan satu angkatan, dan menyelesaikan bersama-sama dalam satu angkatan. Masalahnya kultur di kampus kedokteran ini beda dengan kampus gue sebelumnya, teknik di ITS. Iya elah beda pasti lah, di teknik emang anaknya kompak disbanding di kedokteran.

Disini sebagai orang yang berpengalaman di dunia maba (halah) gue berinisiatif untuk mengajak satu angkatan rekreasi bareng ke salah satu pantai di malang : Balekambang. Ide sebenernya spontan aja keluar ketika selesai UTS (Ujian Tengah Semester) selesai. Saat itu gue yang abis ujian langsung ngajakin temen yang lain

Ke Pantai yuk !!!!

Ternyata banyak yang tertarik, akhirnya gue ngajakin untuk rapat setelah ujian di kelas membahas rekreasi ini. Rencana awal sih cuma pengen ngajak laki-laki aja tapi anak yang lain pengen bikin jarkom aja dibagi ke seluruh kelas. Biar yang ikut banyak itu tujuanya

Setelah rapat langsung ditentukan bahwa hari besoknya adalah hari rekreasi kita.

**

Gue sih pas pagi pesimis banyak yang ikut, apalagi ini dadakan. Tap hal itu menjadi beda ketika gue ngeliat tempat kumpul. Wow, yang ikut diluar ekspetasi ! Hampir 1/3 kelas ikut dan menurut gue sih itu uda banyak banget. Setelah ngatur akomodasi tiap orang akhirnya kita berangkat menuju tujuan ! berbekal 15 an motor dan satu mobil kita konvoi ke balekambang

Perjalanan dari kampus brawijaya ke balekambang mulus, karena kita berangkat pagi sekitar jam 8, jam dimana orang-orang udah nyampe di sekolah dan tempat kerjanya masing-masing. Cuaca, Alhamdulillah cerah. Jarak tempuhnya mencapai 1,5 jam dan kita tiba selamat di pantainya.
Pantai Balekambang

 

Balekambang 3

 

Sebelum masuk kita harus membayar sejumlah tiket ke petugasnya. Kalo gak salah sih10 ribu. Lalu setelah nyampe kita dihadapkan dengan pantai Balekambang yang putih, bersih, dan ombaknya serem, maklum pantai selatan. Ngeliat air di pantai semua orang pun pada nyegur, byur !

Ternyata walaupun kita ke pantai tapi ada beberapa anak yang gak bawa baju ganti. Mereka agak takut-takut gitu kena air, maklum gak ada baju ganti. Tapi anak yang lain tanpa padang bulu, semua harus basah,masa di pantai gak main air ?

Balekambang 4

Di balekambang juga ada terdapat kuil umat hindu yang masi di pake sampai sekarang. Jadi kalo ada sembayang ya rata-rata juga ke sini mereka. Kuilnya terpisah dengan pantai tapi ada jembatan yang nyambungin. Jembatanya sih waktu itu udah gak jelas, banyak bolong-bolongnya, malah setengah tahun setelah kedatanganku jembatanya roboh. Parah

Balekambang Kuil
Balekambang trip

Tersesat

Sambil main air ada tempat makan di sekitar pantai. Hargannya sih masih agak wajar lah menurut gue, mungkin lebih mahal 2-5 ribu dari harga di kota. Wajarlaah. Disini juga disediain toilet umum yang emang gak begitu bagus sih menurut gue tapi tetep aja ini pilihan kalo mau bilas

Gak terasa waktu udah mau sore, akhirnya kita pun berpisah dengan pantai. Walaupun capek dan basah tapi tetep seneng aja soalnya ini adalah acara pertama kali di Kelas loh.

Setelah bilas akhirnya pulang deh ke arah masing-masing. Tapi ada beberapa temen yang makan dulu di kota dan sebagian lain langsung pulang (ini gue, udah capek sih)

Balekambang

***

 

Tips yang mau ke Pantai balekambang

1. Kalo kalian gak ada kendaraan paling gampang adalah nyewa angkot dari kota malang, harga angkotnya sih paling 200-300 ribu belum termasuk bensin tapi enak kan muat orang banyak

2. BiayaPantai Balekambang Rp 7.000/orang dan Rp 10.000/mobil. Itu sih dulu mungkin sekarang udah naik

3. Disini gak ada sinyal hape, jadi yah persiapan kasih tau ke orang tercinta gak ada sinyal *gak tau sekarang gimana

Balekambang Sejoli

2 Comments

  1. cukup jauh perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari Malang kota. suasana pantai tidak terlalu ramai, cocok untuk melepaskan penat dari rutinitas sehari hari. sayang lokasi parkir motor cukup jauh dari pura tengah laut . wisatawan harus berjalan +/- 500 mtr untuk menuju ke lokasi pura. menurut pengelola parkir hal ini dikarenakan pernah terjadi pencurian kendaraan bermotor di area pura. overall , ini adalah salah satu wisata favorit di Malang raya.

    Reply

Leave a Reply to Miftahgeek Cancel reply