Backpacker Ke Bali (hanya) 3 Hari.. Bagian 1

Bagi sebagian orang di jawa timur, bepergian ke bali adalah hal yang lumrah. Setidaknya satu kali lah orang mesti kesana. Iya, la wong jaraknya gak begitu jauh dan emang bali adalah tempat wisata yang sangat populer di dunia.

Ini berbeda dengan teman-teman gue yang biasanya dari daerah indonesia lebih barat dari jawa timur (Petunjuk geografis macam apa pula ini ??) mereka agak lebih sedikit jarang ke bali, ya karena letak geografisnya emang agak jauh membuat biaya transportnya mahal. Temen gue di jakarta malah lebi sering ke singapore daripada bali. Lebi deket sih.

Walaupun deket geografisnya dengan malang tapi gue pengen banget backpacking kesana. Rencana ini pun gue kasih tau ke beberapa temen gue dan akhirnya ditemukan lah temen backpacker yaitu iqra dan ilham. Keduanya adalah temen gue semasa sekolah dulu, tanpa banyak cas-cus akhirnya kita pun berangkat minggu depan. Yeey !

Ke bali naik pesawat pernah, naik bis sudah, kendaraan pribadi sering, sekarang gue nyobain kereta api yang ke bali deh. Loh kok bisa ? Iya emang dari kereta api sendiri menyediakan jurusan dari surabaya-denpasar. Nah jadi rutenya adalah naik kereta sampai banyuwangi, lalu dilanjutin naik bis pt Kereta api deh. Nama dari kereta api itu adalah KA Muara Timur

Harganya waktu itu adalah 110 ribu untuk kelas bisnis udah sampe denpasar dengan bisnya, dibanding ama Bis yang langsung jalan sih emang ini terasa lebih mahal. Kalo dulu bis harganya 100 ribu, tapi ya gapapa sih itung-itung nambah pengalaman.

Dari malang gue ama iqra pergi dulu ke surabaya menggunakan kereta api legendaris, penataran. Gue kadang agak gak begitu paham dengan jenis kereta ini, bayangin dengan modal 4.000 perak aja lo bisa menyebrangi dari malang ke surabaya. Ckckck

Iya begitulah lalu gue nyampe di surabaya sekitar maghrib, kita ngambil jam malam untuk kereta dari surabaya ke banyuwanginya. Sambil nunggu kereta berangkat mampir dulu di kosanya ilham.

Sambil bersenda gurau, kita gak sadar kalo misalnya jam udah mau mendekati waktu kereta api. Panik ! Akhirnya kita mutusin naik taksi, walaupun jaraknya gak nyampe 2 km tapi tetep aja kalo panik semua keburu-buru.

Akhirnya nyampe deh di kereta apinya daaaaaan ternyata masih ngetem lama tuh kereta. Yaelah kalo gitu mah gak usah keburu-buru tadi.

Ilham di kereta api

Si ilham ni

Naik kereta api yang bisnis itu….. PANAS BANGET !! gue udah beberapa kali naik kereta api tapi gak pernah sepanas ini, apalagi ketika di daerah bangil pasuruan. Wih rasanya udah pengen buka baju aja deh saking panasnya malam hari itu. Didera rasa lelah akhirnya ketiduran juga deh kita walapun gue sering kebangun gara-gara rasa panasnya.

Nyampe di banyuwangi akhirnya kepagian hari, gak banyak cas-cus akhirnya kita langsung diperiksa tiket dan masuk ke dalam bis punya PT KAI untuk melanjutkan perjalanan ke denpasar. Bisnya semacam bis kuno yang biasanya dipakai untuk antar jemput karyawan perusahaan, di dalam bis kita ngambil tempat paling belakang. Peraturan nomer satu kalo naik bis : Jangan ngambil tempat paling depan, minimal di belakang bangku ke 3-4 dari depan

Ternyata gak sampai keisi full bis ini, jadi kita bisa dapet tempat duduk yang lebih longgar. Perjalanan pun dimulai, dengan perut yang belum terisi kita menuju pelabuhan untuk bersiap menyebrangi Selat Bali.

Gak lama nyampai di Kapal deh kita, beruntung waktu itu pelabuhan lagi sepi jadi tinggal masuk langsung kebawa kapal. Hehehe.. Nah yang abis turunya dari kapal agak menjengkelkan ni.

Ternyata AC di bis itu enggak ada atau mungkin rusak tapi yang pasti keadaan di bis sangat-sangat? panas !? Yah balik lagi dong sama kayak di kereta api yang super panas banget.

Duduk di belakang gue serasa di neraka bagian terdalam aja, udah dibuka jendelanya tetep aja panas naudubillah dah. Penyiksaan ini berhenti setelah gue nyampe di denpasar. Alhamdulillah

 

Pengeluaran Hari pertama-kedua

Tiket kereta api mutiara timur : 110.000
Kereta Api penataran malang-surabaya : 4.000
Taksi : 10.000
Makan malam : 10.000

Total : 134.000

 

 

 

 

Berlangganan di Blog ini !

Berlangganan di Blog ini !

Ketik email kalian box atas ini

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *