Tips : Yang Harus Disiapkan Sebelum Umrah

Dari semua traveling yang pernah gue jalanin sampai saat ini, maka perjalanan umrah adalah perjalanan paling religius pernah gue lalui. Pertama adalah karena gue gak pernah telat kalo solat dan gue kerjaan gue hanya makan-berangkat ke masjid-solat-ngaji-minum air zamzam-pulang. Hal itu diulang terus sampai kepulangan tiba, ah andai hidup hanya sesimpel itu

Udah lama bokap nyokap pengen banget buat umrah satu keluarga dan setelah mengumpulan duit beberapa tahun akhirnya niat itu kesampaian juga. Seneng juga sih bisa pergi umrah, padahal ketika pertama kali diajakin umrah gue menolak loh, waktu itu gue ngomong hal yang sangat mainstream diucapkan setan yang belum mau tobat :

"Aku belum siap nih buat umrah"

Yah itu mah alasan gak jelas aja dan akhirnya ketika jadi beneran gue, gak nolak untuk berangkat. Sekalian tobat nih.



**

Nah kali ini gue cerita banyak cuma tips sharing aja apa yang lo harus siapin ketika mau pergi ke tanah suci (Umrah atau Haji)

1. Duit, well ini sebenernya paling mutlak sih dilain niat. Karena bagaimanapun uang tetap menjadi peranan penting untuk bisa berangkat

2. Kesempatan ke Tanah suci gak datang setiap saat, setelah misalnya ada duit maka harus punya niat. Seperti yang gue ceritain sebelumnya, kayak gak niat gitu kesana, tapi akhirnya berangkat aja karena setelah berpikir, kesempatan ini ga datang tiap saat. Mungkin emang lagi ada panggilan-Nya, masa nolak ?

3. Syarat Kelengkapan, nah ini yang syarat formalitas kayak vaksin meningitis, paspor, foto, yah standar aja sih cuma yang bedain yah harus vaksin meningitis itu aja.

4. Barang Bawaan Yang Sesuai, gak mungkin kan pergi ke arab saudi bawa jaket kulit atau baju minim banget. Lalu sebagai calon dokter indonesia yang baik dan budiman, halah, maka gue selalu membawa obat pribadi untuk penyakit yang menganggu selama perjalanan, contoh: diare,pusing,alergi mungkin bagi cewe harus ke dokter untuk mengatur jadwal menstruasinya.

5. Siapkan tas cadangan buat oleh-oleh, ini adalah optional jadi gak sama tiap orang tapi kalo emang pada doyan belanja mending disiapin aja bawa tas satu dari sini. Kalo gue pribadi sih gak pernah bawa oleh-oleh buat orang rumah.. hahaha

6. Fisik yang kuat, walaupun secara garis besar ketika melakukan umrah cuma makan-solat-window shopping-pulang, maka tetep di perlukan fisik yang lumayan oke apalagi kan panas banget terik di arab saudi.

 

Comments

  1. Waaah.
    Selamat ya bang eric udah bisa umrah.
    Sekeluarga pula. Subhanallah.

    Tipsnya betul sekali tuh bang.
    Kebetulan rezeki lagi dateng buat mama gue, bang.
    jadi, baru beliau aja yang umrah. Doakan bang semoga gue + keluarga bisa menyusul, amin
    Mama gue waktu ntu gak kepikiran bawa tas cadangan karena gak kepikiran beli macem2. Eeeh, ternyata pas balik beli tas di sono buat bawa sekedar oleh2 --"

    ReplyDelete
  2. yah udah balik ya? gue mau nitip doa biar gue bisa ke sana.. :')

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan