Pengalaman Menaiki "New" Matarmaja

Dari beberapa kereta api yang beredar sekarang, Matarmaja adalah salah satu kereta api legendaris yang bisa menjadi pengalaman menarik bagi orang yang naik. Matarmaja mempunyai nama alias yang banyak, dari mataremaja (kalo dipake suporter arema ke jakarta) Minimarket berjalan ( karena saking seringnya pedagang asongan yang lewat kesana ), Kereta Koboi ( Yang naik orang koboi semua, alias petualang dengan modal cekak)

Bayangin dulu dengan tarif 45 ribu udah nyampe dari malang ke jakarta yang jaraknya sekitar 800 km atau kalo di itung per kilometernya hanya 50 perak aja ! Jadi jangan kaget dulu ini menjadi kereta api 'mimpi buruk' bagi orang yang berpergian sendirian, kalo lagi barengan sih seneng banget soalnya satu gerbong kan isinya bisa 2-3 kali dari kapasitas resminya. Rame banget deh, orang orang bisa tidur di jalanan saking gak cukupnya



**

[caption id="" align="alignnone" width="430"]Pergi dari malang dilepas oleh hujan deres Pergi dari malang dilepas oleh hujan deres[/caption]

Nah kemarin sebelum koas gue mendapat waktu libur sekitar 4 hari, hal itu gue lakuin untuk melarikan diri ke luar kota. Ada beberapa pilihan yang tersedia, tapi gue mengambil keputusan untuk ke jakarta. Udah lama gue gak main dengan nyantai disana, beberapa kali di jakarta cuma buat tempat transit aja. Karena gue pengen nyoba sesuatu yang beda, maka gue pengen coba naik kereta matarmaja kali ini.

Gue pernah baca beberapa koran dimana direksi kereta api pamer kalo matarmaja sekarang itu lebih tertata. "Semua penumpang dapat tempat duduk, toiletnya wangi setiap saat, dan tidak ada pedagang asongan yang boleh masuk", itu sih promosi dari direksinya. Yah wajar aja sih la wong harganya sekarang 135 ribu atau naik 4 kali lipat.

Tut..Tutt..Tutt..

Perjalanan dengan matarmaja dari malang mulai pukul jam 16.00 wib, gue berangkat ke jakarta bareng rama. Dia pengen refreshing dari skripsinya dan gue? refreshing sebelum koass. Singkat cerita perjalanan dari malang-jakarta tidak terlalu rame ya gerbongnya.

[caption id="" align="aligncenter" width="399"]Suasana Berangkat, Masih Sepi Suasana Berangkat, Masih Sepi[/caption]

Apa pengalaman pertama ketika menaiki matarmaja ?

Kursinya masih keras, khas seperti kereta ekonomi pada umumnya. Lalu yang menjadi masalah adalah jarak antara kursi satu dengan lainya yang hanya berjarak 50 cm aja. Jadi kursinya kan saling berhadapan, kalo misalnya ada orang didepan kita terpaksa deh kaki saling berhimpitan. Duh

[caption id="" align="alignnone" width="430"]Jarak Antar Tempat Duduk Sempit Banget Jarak Antar Tempat Duduk Sempit Banget[/caption]

Lalu ketika baru dari stasiun kepanjen, ternyata pengamen-pengamen sudah mulai menjajah tiap gerbong. Yaelah ini mah gak jauh beda sama dengan yang dulu, lalu ketika hari sudah mulai malam "minimarket berjalan" pun mulai tampak. Mulai dari penjual makanan sampai yang gak penting kayak sandal refleksi yang adanya bikin luka kaki daripada refleksi

[caption id="" align="alignnone" width="430"]Sandal Refleksi Ala Matarmaja Sandal Refleksi Ala Matarmaja[/caption]

Mungkin yang bener dari promosi KAI adalah kalo selalu sedia air di kamar mandi dan selalu wangi. Ini sih bener, airnya ngalir mulu jadi gak usah bingung kalo mau ke kamar mandi keabisan air.

Biar lebih melengkapi penderitaan, gue baru dapet kabar kalo 2 hari yang lalu bahwa ada kereta matarmaja yang lain anjlok di daerah batang, jawa tengah dan mengakibatkan seluruh jadwal kereta api mundur. Gue udah berdoa supaya gak molor seperti yang dialami hari sebelumnya, karena dari yang gue denger kemarin ni kereta sampai 24 jam dari jadwalnya yang "hanya" 16 jam. Mampus, jadwal yang gue bikin bisa berantakan dong ! Tapi ternyata Tuhan mendengarkan doa gue, alhasil gue nyampe di jakarta dalam waktu 23 jam, dikasih ama Tuhan lebih cepet satu jam dari molor hari sebelumnya (Ini mah gak ngaruh banyak tapi)

[caption id="" align="alignnone" width="430"]Penumpang udah mulai naik Penumpang udah mulai naik[/caption]

By the way, udah pernah nonton film 5 cm ? Jadi ketika adegan dari jakarta ke malang itu naik kereta api ini loh !

 

Comments

  1. Saya belum pernah naik Mata Remaja, yang pernah Gajah Yana, hehehe

    ReplyDelete
  2. Saya juga paling seneng bepergian naik kereta

    ReplyDelete
  3. Nih kereta #AsyikSekali ™ kalau buat nekat, apalagi nekatnya rame-rame.....

    ReplyDelete
  4. gw kadang naik kereta ini kalo lagi pengan mudik ke malang tapi pas lagi ngga ada duit :D

    ReplyDelete
  5. matarmaja mantep bgd dahh pengalaman naik matarmaja dari malang ke jakarta bareng ama suporter aremania , abis kaca pada pecah di timpukin mulu

    ReplyDelete
  6. Kalo aku suka naik kereta api ke Malang cuma yang iini ga pernah..pingin nyobain deh
    Gue seringnya GajahayNa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan