Posts

Showing posts from November, 2013

Ketika Good vs Bad Tidur Bersebelahan

Ketika gue masuk ke dalam bagian bedah, gue sering menjumpai orang-orang yang mengalami penurunan kesadaran. Contoh kesadaran yang normal adalah seperti kita, mampu diajak berkomunikasi, nyambung. Kalo misalnya lawan berbicara kita udah gak nyambung, sering melantur, itu bisa dikatakan penurunan kesadaran.

Orang yang mengalami penurunan kesadaran ini banyak sebabnya, misalnya akibat trauma. Lagi enak-enak naik motor,lalu dihajar dari belakang. Sempet pingsan sementara, dan ketika bangun dia mengalami gangguan kesadaran.

Biasanya pasien seperti ini diletakan di dalam ruangan khusus, high care unit nya bedah, kalo di rumah sakit gue di Ruangan 13. Mereka akan mendapatkan perawatan khusus, dan ruangan ini menjadi tempat dimana gue jaga. Banyak cerita yang bisa didapatkan dari ruangan ini, salah satunya adalah ketika ada dua pasien penurunan kesadaran yang sedang tidur bersebelahan.



***

Matroji, seorang pria paruh baya, bertato kepala ular di lengan kananya. Tubuhnya gendut, tapi dia mengalam…

Koas Ngeplas, Patol, dan Fisiol

Image
[caption id="" align="alignnone" width="469"] Lazy Internship[/caption]

Disitu kaki dipijak, di situ juga langit dijunjung. Ketika di suatu tempat yang baru, maka kita harus mengikuti segala peraturan yang berlaku, mulai dari tertulis dan gak tertulis misalnya tata krama, budaya, dan ada yang juga unik adalah : Istiliah yang di pake disitu.
Maka di tempat gue ada satu istilah yang baru gue denger setelah di rumah sakit ini, yaitu ngeplas. Pertama kali gue aga ga paham dengan arti ngeplas, sama seperti gue pertama kali mendengar kata 'Baceman' waktu kuliah di ITS, yang ternyata artinya adalah kumpulan soal, atau tugas dari senior. Setelah gue tanya ke temen gue, akhirnya tahu deh arti kata tersebut
OOh.



Ternyata artinya dalam bahasa indonesia adalah menghilang, atau suka hilang sendiri ketika di rumah sakit. Padahal dia sedang ada tugas, tapi entah dengan alasan apa dia menghilang. Ketika gue mendengar kata ini, gue udah punya firasat buruk nih. Secara…

Minum Obat Sampai 3 Tahun ? Er...

Image
Siapa sih yang tahan minum obat dalam waktu yang panjang ?

Kadang orang minum obat antibiotik (senjatanya dokter-dokter di indonesia) itu yang harus rutin diminum sampai habis aja kadang gak patuh, padahal itu hanya berlangsung 5-7 hari. Nah kalo misalnya minum rutin sampai bulan, atau tahunan gimana dong ?
Ketika gue masuk ke dalam lab neurology, di bagian saraf. Gue menemui banyak sekali pasien-pasien yang terkena epilepsi. Kadang-kadang hal ini banyak di tempat mana aja, tanpa penyebab yang pasti. Misalnya ketika lagi ngedate gitu, ada pasangan yang mau seneng-seneng, misalnya mau nonton gitu ya, pas ngantri tiket tiba-tiba pasanganya jatuh, tangan dan kepalanya bergerak dengan cara yang aneh tanpa tujuan mengeluarkan suara tak berarti, dan gak ngerti daerah sekitarnya, suasana mirip dengan kesurupan di film KK dheraj. Gak keren.


[caption id="" align="alignnone" width="565"] Contoh Kejang Epilepsi[/caption]

Makanya kadang orang yang epilepsi sering terasa …