Pulau Diomede : Dipisahkan Dua Negara dan Zona Waktu

Bagaimana rasanya kalo kita berada di suatu tepi pulau, dan melihat pulau diseberangnya yang mungkin hanya berjarak 3-4 kilometer tapi perbedaan waktunya mencapai 23 jam ?

Kalo pengen ngerasain bisa nyoba datang ke pulau diomede !

Diomede Island

Diomede Island

Diomedes adalah sepasang pulau di Selat Bering diantara mainland Alaska dan Siberia. Pulaunya ada dua dengan jarak 3,8km dan dipisahkan oleh International Date dan juga perbatasan antara rusia dan amerika serikat. Big Diomede dimiliki oleh russia, dan Little diomede oleh amerika.

Walaupun jaraknya deket banget tapi sesuai dengan hukum waktu internasional mereka terpisahkan 23 jam, dan karena ini mereka dikatakan sebagai Tommorow Island dan Yesterday isle

Ceritanya ni pulau udah dihuni sekitar 3.000 tahun yang lalu, dan orang eropa yang pertama datang kesini pada tahun 1648 dan dimulailah pembangungan besar-besaran disini.

Ketika amerika membeli alaska dari rusia tahun 1867, little diomede juga termasuk yang dibeli dan sekarang memiliki penduduk 75 orang. Sedang kan Big diomede menjadi basis militer rusia (walaupun sekarang udah gak ada orang lagi, dan cuma menjadi stasiun cuaca aja).

Kadang kalo lagi musim dingin, akan ada jembatan es yang bisa dibuat menyebrangi dari big diomede dan little diomede. Jadi bisa jalan-jalan dari rusia ke amerika atau sebaliknya, tapi entar pas nyampe disana ditangkep tentara dan gak bisa balik (ilegal sih !)

diomede-islandsl-1

Big Diomede island dikir. Little Diomede island dikanan. Photo credit

diomede-islandsl-6

Photo credit

diomede-islandsl-9

Rumah di Little Diomede Island, Alaska. Photo credit

diomede-islandsl-8

Rumah rumah diĀ  Little Diomede island. Photo credit

diomede-islandsl-4

Photo credit

diomede-islandsl-3

Photo credit

diomede-islandsl-2

Nah bagaimana mereka memenuhi kebutuhan sehari harinya ?

Kebanyakan mereka dari laut seperti ikan, kepiting, walrus, beruang kutub, yah sama seperti kebanyakan orang eskimo yang lainya dan juga setiap minggu mendapat kiriman dari toko supermarket seperti wal-mart. Sekolah pun juga ada disini.

Tertarik tinggal di Diomede ?

Sources: Wikipedia, PBS, Angus Adventures,

3 Comments

Leave a Comment.