Jam kerja kalo lagi jaga

Dari beberapa pengalaman gue, kayaknya jarang tuh dokter jaga yang seneng dengan kehadiran pasien di injury time.

Mungkin kalo di RS swasta boleh lah bersuka ria, karena itu pasti pendapatan mereka tapi kalo di tempat pemerintah mungkin agak jarang ya. Apalagi yang di sentra pendidikan, mungkin akan lebih dobel gak sukanya.

Jadi begini, jam kerjanya dari dokter kalo pas lagi jaga :

1. Biasanya masuk pukul 06.00 pagi, lalu disertai dengan mengikuti morning report. Nah bagi yang gak tau, morning report itu adalah hasil resume pasien yang datang pada saat jaga. Jadi kalo makin banyak, tentu makin capek dong bikinya.

2. Setelah itu mengikuti jadwal stase, jadi ini sama kayak jam kerja pada umumnya, biasanya dari jam 07.00 sampai selesai, sekitar jam 14.00-15.00 lah.

3. Kalo jaga makan akan dilanjutkan lagi tuh, jadi tetep ngendon dirumah sakit sampai jam 07.00 kebesokanya.

4. Siklus diulang selanjutnya

**

Sebenernya itu tergantung di rumah sakit mana engkau berada, simulasi tersebut adalah di RS yang menjadi sentra pendidikan, biasanya ini adalah Rumah sakit umum daerah. Berbeda jika di puskesmas, atau rumah sakit swasta (tapi ada beberapa swasta yang dimasukin oleh tenaga medis belajar)

Pertanyaan paling besar adalah : Hah, bisa tidur kalo gitu ? bagaimana dong kalo gitu?

Seperti bunglon yang beradaptasi dengan lingkungan, maka gue juga beradaptasi tapi bukan seperti bunglon yang berganti warna tiap hari (kalo gitu gue bisa aja nempel di tembok biar putih terus!) tapi gue mengalami pergantian jam fisiologi tubuh.

Seperti semakin pintar untuk mencari celah kapan dimana tidur, dan tidak tidur. Kalo gak kayak gini, gue bisa akan menjadi zombie setiap saat. jarang tidur sih.

 

Leave a Comment.