Penyakit Musikal Halusinasi

Pertama-tama saya segenap penulis blogger ini mengucapkan Selamat Hari Raya idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin. Mungkin bagi beberapa orang yang gak suka disebut dalam blog ini saya minta maaf.

Heheh.. Lebaran pada kemana ni ? Pasti sekarang pada banyak yang postingan tentang liburan kemarin ya, well saya sedikit beda aja deh. Kali ini saya akan menulis suatu jenis halusinasi yang unik.

**

Bagaimana jika kalian ketika jalan, mendengar suara musik ? Musiknya beda karena ini tergantung dengan keadaan kamu saat itu, udah ngerasa main di film kan ? Ada beberapa keadaan yang bisa menyebabkan seperti itu.



Ini adalah ringkasan kasusnya.

Seorang perempuan berumur 60 tahun, tiba-tiba mendengar suara musik, seperti mendengar ada radio disekitarnya. Ketika disuruh mengumamkan nadanya oleh suaminya, dia mengatakan itu lagu yang familier walau tidak tahu judulnya. Musiknya juga tergantung dengan musim, seperti mendengar lagu natal ketika bulan desember. Sebelumnya dia pernah masuk rumah sakit karena penyakit pneumonia (paru-paru) dan menderita tinnitius (telinga mendengung) sejak itu. Dia tidak memiliki riwayat penyakit telinga, dan jiwa sebelumnya.

Ketika membaca tentang artikel ini, saya sedikit merinding juga. Bayangkan kamu mendengarkan suara musik di sekitar, apalagi ini terkadang sesuai keadaan disekitarnya. Gue jadi merasa kalo seakan lagi main film, jadi ketika lagi kejar-kejaran gitu ada suara penyemangat, lalu kalo lagi galau ada lagu-lagu sedih. Gue mikir kalo lagi dengerin lagu, suaranya apa yang keluar ya

Nah pertanyaanya adalah bagaimana sampe kok bisa orang menderita seperti ini ? Apa yang salah ?

Dari beberapa bacaan yang gue baca sih, ada beberapa kejadian yang mungkin menimbulkan seperti ini

Hipoakusis, Menjadi penyebab paling banyak penyakit seperti ini, oh iya artinya adalah kehilangan pendengaran sebagian apa total. Diliat dari cerita, perempuan ini pernah menderita sakit telinga ketika masuk rumah sakit dahulu.

Penyakit Jiwa, Kalo penyakit ini gak usah ditanya lagi, penderitanya sering banget mendengar-hal-hal-yang-tidak-didengar-oleh-orang-lain

Gangguan bagian Otak, Jika terjadi kerusakan otak, yang berhubungan dengan indra pendengaran maka hal ini bisa terjadi. Nah beberapa penyakit yang berhubungan dengan bagian ini bisa post-stroke, enchepalitis, atau juga terjadi penyumbatan.

Yang lain bisa berupa epilepsi, dan juga intoksikasi.

musical-ear-syndrom_medium

**

Bagaimana pengobatan ? Karena ini berupa gejala, maka harus diliat penyebab penyakit yang mendasari seperti apa dan harus dilakukan pengobatan segera. Nah ini adalah salah satu kasus yang sangat-jarang-terjadi. Gue juga tahu ketika menonton salah satu episode scrubs, dan mencari info tentang penyakit ini. Kasus tentang penyakit pada episode itu bisa dilihat disini

Tapi berhubung namanya acara teleivisi, jadi agak lebay juga. Di episode itu diceritakan penderita Seakan melihat petualangan sherina dimana-mana atau Les Miserable, dikit dikit nyanyi soalnya. Hehehe..

Comments

  1. hilang fokus termasuk gak mas? Misalnya nih, lagi naik motor, pas macet2nya. Eh, tiba2 suara sekitar menghilang, lalu ada suara musik atau lainnya yang lebih terdengar jelas. wew. hehe.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan