Sleep Paralysis alias Tindihan

Gak biasanya kemarin tidur cepet, mungkin karena kecapean sebelumnya kemarin akhirnya ketiduran juga. Pas lagi tidur ada satu kejadian yang menarik


"Tiba-tiba saya terbangun, mata terbuka tapi tubuh tidak bisa digerakan. Saat itu saya bisa merasakan jelas lagi berada dikamar tapi tidak bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Napas semakin memberat dan perasaan panik mulai menyerang tapi karena ini bukan pertama kali seperti ini, saya pun mencoba untuk menenangkan diri sendiri dan dalam beberapa menit akhirnya ketiduran. Gak lama saya bangun, kali ini bisa menggerakan tangan."


Setelah itu saya update status di twitter, biar agak gimana gitu saya jelaskan lagi kena tindihan dan melihat "sesuatu". Karena masyarakat kita seneng banget kalo dihadapkan dengan masalah mistis, walau sebenernya saya tau lagi kena sleep paralisis.


opo kui?




[caption id="" align="aligncenter" width="422"] Mampus ! Badan semua gak bisa digerakan[/caption]

**




Sleep paralysis


Pernah ngalamanin kaya gitu ? well secara statistik mengatakan hampir semua orang di dunia pernah mengalami seperti itu. Secara kesadaran penuh dan mata terbuka namun tidak dapat menggerakan tubuh. Biasanya kalo agak lebay ditambah ada penampakan secara auditori, visual, dan halusinasi yang menyebabkan banyaknya orang melihat makhluk halus karena ini.


Ketika pertama kali mengalami ini, saya takut setengah mati. Siapa yang gak takut kalo badan semua gak bisa digerakan, napas tersengal. Udah mau mati aja rasanya, lalu saya tiba-tiba memikirkan kesalahan selama ini (lebay) dan gak ketinggalan ada penampakan di ujung kamar, membuat saya bertanya apa ini kamar kurang disholati ya ? Tapi setelah mendapat informasi sleep paralysis saya mengerti


Secara teori ini akibat gagalnya perpindahan transisi antara tidur mimpi yang dalam (REM dreamin sleep) dan kondisi sadar. Ketika fase REM dreaming sleep, kondisi otot tubuh emang dibuat tidak bergerk oleh otak.


Walau secara patofisiologinya kagak dipahami secara jelas, tapi sih ada hubunganya ama eksresi kolinergik yang terlalu banyak sedangkan sertogenergic untuk bikin belum tidur belum aktif. Kalo normal kolinergik akan naik selama memisiki fase REM dan akan turun ketika sudah habis fasenya,  nah yang nurunin ini si serotonergic. Biasanya akan terjadi overlapping pada sini.


Nah keseringan orang yang mengalami tindihan pasti melihat sesuatu sensasi horor ketika bangun. Bayangkan aja mata terbuka, tapi gak bisa ngapa-ngapain ? Belum lagi kalo ngeliat halusinasi, mampus aja.


Beberapa ahli neurologi mengatakan ini adalah akibat dari respon emergensi otak sendiri yang mengaktifkan tingkat ke "super-waspada". Pada saat ini dianggap sebagai perasaan lemah untuk diserang, semakin kamu merasa tidak berdaya semakin tampak jelas halusinasi yang ada. Lalu kok bisa kenapa sih yang keluar hantu, makhluk seram gitu ? Ada hipotesa yang mengatakan dengan dosa sebagian orang memembuat peluang untuk berjuang hidup lebih besar.


Secara singkat bisa dikatakan melihat penampakan hantu karena mirip dengan dosa. Kalo mikir dosa peluang untuk bertahan hidup lebih besar. Hal ini sendiri timbul karena reaksi otak yang mengatakan kita sedang dalam posisi "mudah diserang"




[caption id="" align="aligncenter" width="345"] Overlapping dari fase REM dan Sadar[/caption]

Pencegahan


Tidak ada gejala yang serius yang bisa ditimbulkan oleh tindihan tapi mencegah adalah penting. Penderita narkolepsi (gangguan mengatur jadwal tidur dan bangun) adalah orang yang paling sering dengan tindihan.


Insomnia, jadwal tidur yang gak pasti, stress, terlalu lelah secara fisik, penggunaan obat ADHD adalah salah satu penyebab juga. Maka bisa dihindarkan dengan mengubah gaya hidup seperti mengatur jadwal tidur, makan higienis, mengurangi stress, tidur tidak dengan posisi terlentang


Perlu obat ? Gak direkomendasikan sih pake obat, tapi kalo emang butuh banget penggunaan antidepresan bisa dipake.


Tindihan di Budaya Lain


Orang yang mengalami tindihan itu setiap negara maka beda cerita, misalnya kalo di Indonesia bisa dikatakan kita lagi di tindih hantu. Nah ini hantu nya beda tempat beda juga, kalo saya mending di tindih artis cakep daripada hantu. Hehehe..


Tapi semua punya kesamaan yaitu ada sesuatu benda, atau makhluk yang sedang menimpa badan kita.


Kalo yang nimpa pretty asmara gimana ya..



Comments

  1. pernah ngalamin nih, jarang banget emang. tapi tiap 'ketindihan' itu sih selalu berusaha merem aja gitu, dan rasanya lebih ke ditindih barang berat daripada hal lain, jadi gak pernah bayangin yang serem2

    XD

    ReplyDelete
  2. Si bapak ini genius emang. Rasional. Saya mah ga paham. Taunya di erep2 aja. Ga pernah ngalamin juga sih. jadi gatau rasanya kayak apa :p

    ReplyDelete
  3. Saya juga pernah,
    Yang pertama, saya pernah ngerasa kaki saya terbang melayang ke atas, sementara setengah badan saya (badan atas). Saat itu saya sedang keadaan setengah sadar (seperti tidur, kayak udah bangun,??)
    Yang Kedua saya pernah saat keadaan tidur ingin menggerakan kaki dan tangan serta seluruh anggota tubuh ngga bisa gerakk. Saat itu perasaan saya campur aduk (khawatir, panik,dan bingung), akhirnya saya mencoba gerakkan sekuat tenaga, dan akhirnya dapat digerakkan, huft~

    ReplyDelete
  4. ini yang baru kejadian sama temen kos gue beberapa waktu lalu nih. terus doi ngadu ke ibu kos, sekosan jadi heboh sama yang mistis-mistis. gara-gara kejadian ini juga, kosan gue kalo subuh disetelin lagu rohani...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan