Backpacker menuju karimun Jawa

Karimun jawa adalah salah satu destinasi wisata yang mainstream, sehingga gak usah kaget kalo banyak banget orang-orang yang menawarkan jasa travel kesana. Ketik aja “travel karimun jawa” maka akan banyak pilihan yang tersedia.

Tapi karena dari awal emang gak pengen pake jasa travel, maka saya cuma mencontek aja itinerary yang disediakan oleh mereka dan mencoba membandingkan biaya yang dihabiskan jika bepergian mandiri atau bahasa gaulnya backpacker.

Saya jelaskan perjalanan dan biaya yang dikeluarkan selama berada di karimun jawa

12 September 2014

15.00-17.00 Berangkat menuju surabaya, dari kota malang menggunakan bis patas umum

17.00-17.30 Tiba di terminal Surabaya, tanya-tanya ke petugas kapan bis yang berangkat ke jepara, ternyata akan berangkat 15 menit kemudian. Panik karena belum makan,solat dan lain-lain.

17.30-01.00 Berangkat dari surabaya-jepara

13 September 2014

01.00 Tiba di pelabuhan kartini jepara, lalu dengan menggunakan becak akhirnya mencari penginapan, dan dipilihlah homestay “kota baru”

02.00-06.00 Istirahat

07.00 Bangun untuk persiapan menaiki kapal express bahari, dan dapet info kalo keberangkatan masih belum dipastikan karena ombak yang tinggi. Kapal ferry yang gedek gak bisa berangkat, sedang yang speedboat masih belum bisa dinaiki.

09.00-11.00 Masih dalam ketidakpastian, karena itu kita cuma jalan-jalan di sekitar pantai kartini.

11.00 Finally, pengumuman telah tiba ! Kapal bisa diberangkatkan. Walau dalam hati saya agak takut juga, karena ombak dikatakan sangat tinggi. Tapi saya sih percaya aja dengan crew express bahari

13.00-14.00 Tiba di karimun jawa, dan akhirnya setelah itu saya juga gak ngerti mau ngapain. Karena banyak rombongan lain ternyata sudah janjian dengan mobil untuk dijemput. Sedangkan saya gak ngerti gimana jalan ke penginapan wisma apung. Akhirnya setelah ngobrol, ketemu lah pengantar yang kemudian akan menjadi tour guide lokal saya di karimun jawa

15.00-20.00 Nyampe di penginapan wisma apung, yang berada ditengah lautan. Sebenernya saya sudah menyiapkan kartu, tapi lupa dibawa. Jadi deh serasa tom hanks di cast away, tapi kita berada di penginepan. Agak krik-krik juga, hingga akhirnya kita memutuskan untuk terjun ke laut sebelahnya.

Matahari terbenam di wisma apung

Matahari terbenam di wisma apung

20.00 Emang baru jam segini, tapi kita berada di tengah lauh. Apa yang kamu harapkan ? Akhirnya istirahat aja untuk bepergian selanjutnya.

14 September 2014

Prologue dari cerita ini adalah, dari awal pergi saya emang udah berencana mencari jasa travel on the spot. Karena pengen melihat dan menbandingkan langsung penawaran yang ada, apalagi saat itu dalam off season jadi saya gak takut kehabisan kapal. Setelah ngobrol dengan pengemudi travel kami (Mas sulis, 085293172665), ternyata dia bisa membantu mencarikan jasa kapal, dan penginepan besoknya. Karena rencana di wisma apung cuma satu hari (dan kita gak salah).

Penyewaan kapalnya adalah satu hari dengan rute Pulau Menjangan Kecil, Cemara Besar, Pantai Gosong, Pantai Tanjung Gelam, dan juga wajib menggunakan jasa guide selama itu. Jadi rute kami hari ini cuma

08.00-16.00 Wisata karimun jawa (snorkling makan, melihat sunset)

Menjangan

17.00-18.00 Sampai ke daratan lagi, dan menuju ke homestay baru. Ini adalah punyanya Mas sulis, kamarnya cuma dua biji. Jadi kalo berenam ke karimun jawa maka pas banget nginep disini, seakan punya sendiri. Letaknya juga gak jauh dari alun-alun sehingga kalo makan ga usah jauh-jauh

19.00-21.00 Hunting makanan di alun-alun, yey !

15 September 2014

Hari ini sebenernya sudah waktunya pulang, tapi karena keberangkatan jam 11 siang jadi kami ya punya waktu untuk lebih mengeksplore karimun jawa. Kami pun jalan-jalan aja hingga berada di suatu hotel yang punya pantai pribadi sendiri. Dengan membeli minum di restaurant yang gak begitu mahal, akhirnya kami bisa merasakan berada di hotel yang punya pantai pribadi. Hehehe.. Kami berada di gazebonya sambil menikmati pantai karimun untuk terakhir kali.

11.00-13.00 Saatnya perpisahan dengan karimun jawa dan pulang kembali ke jepara dan melanjutkan perjalanan selanjutnya

***

Rincian Karimun Jawa

Rincian Karimun Jawa

Ini adalah rincian berikut, mungkin akan beda-beda tergantung dari keberangkatan mana. Cuma kemari itu banyak boros di pinjem kamera, karena lupa bawa waterproof casing camera jadinya harus pinjem dong.

Selain itu menurut saya sih agak murah karena kalo lihat di jasa travel lebih mahal hingga 300-400 ribu lebih. (karena jasa mereka cuma pas disananya, kalo di rincian ini kan itunganya sudah dari berangkat kota malang)

Kalo secara dasarnya, saya kasih gambaran ya itu seperti ini. Ini dengan rincian di karimun jawa 3 hari dua malam dengan menginap satu hari di wisma apung non AC, dan juga homestay besoknya, lalu ini sangat kuat di makanya. karena makananya kelas premium. Jadi agak banyak di makan, hehe selain itu ini khusus biaya buat 6 orang ya !

Rincian Dasar Karimun jawa

Rincian Dasar Karimun jawa

5 Comments

  1. katanya karimun jawa bagus sih, tp entah kenapa ya denger naik kapal berjam-jam belum lagi dengan keberangkatan kapal yg ngga pasti karena ombak, bawaannya udah parno duluan :))

    btw itu beda biayanya sama travel lumayan juga

    Reply

Leave a Comment.