Seharga Mobil Avanza

Reuni adalah salah satu waktu dimana kita bisa bercerita tentang pengalaman hidup post-last-time-we-gather, jadi ketika ada gerombolan yang udah lama gak ketemu maka semakin banyak cerita dan seru juga yang didapat.


Ambil contoh, ketika saya reuni salah satu sekolah dasar dulu (iya thanks to social media, kita bisa kontak lagi !) ada salah satu temen cerita yang seru.


**



Dia adalah anak jakarta yang udah mempunyai satu anak, dia emang udah lama sih menikah dan baru sekitar 5-6 bulan dikaruniai anak. Karena di antara gerombolan adalah para bujangan yang pada belum anak, dan kebanyakan cewe maka pertanyaan yang paling mendominasi seputar kehidupan punya anak.


Saya mulai membuka pertanyaan standar,


"Eh, kemarin kamu pake persalinan normal atau sc (caesarean section) ?), tanya saya.


"Oh, kemarin sih pake caesar ric, soalnya udah ditunggu lama tapi gak keluar", jawab dia.


"Hmm.. habis berapa emangnya disana?", tanya saya langsung to the point


"Waah.. berapa ya, mahal emang, seharga mobil avanza lah ric!"


Seharga mobil avanza..


Karena penasaran akhirnya buka internet untuk melihat mobil yang harganya mencapai di atas ratusan juta ini. Lalu saya membatin.


Gila orang jakarta ini kebanyakan duit semua kali ya ?


**


Coba bandingkan dengan persalinan yang di atur dalam BPJS, disitu dalam paket operasinya+ruang rawat inap hanya disediakan dana hanya 3-4 juta, kalo persanilan normal bahkan ga sampe satu juta.


Mau lebih murah lagi ? Coba datang ke pelayanan desa, seperti puskesmas atau di bidan mungkin ratusan ribu aja. Walaupun secara harga sangat beda jauh, tapi secara kualitas mungkin tidak jauh beda.


Emang sih, dia mengakui berada di rumah sakit yang katanya sih salah satu terbaik di Jakarta, apa paramater terbaiknya ? Menurut pengakuan dia sih, banyak artis yang melahirkan disana


"Pevita aja melahirkan disana ric!", ucapan setengah promosi dari temen saya.


Gak adil kalo membandingkan taraf hidup orang jakarta, dengan sekitarnya. Apalagi temen saya ini emang kalo diliat sih dia emang golongan orang ke atas antara langit dan kayangan, dan gak ada salahnya dia membayar seharga itu untuk persalinan yang baik.  Jangan lupa sang anak kan menjadi titah penerus generasi dia. Pepatah lama mengatakan


"Gak peduli orang kaya, miskin, bagi mereka apapun yang terbaik bagi anak akan dilakuin"


Sedikit takjub adalah kamar persalinan temen saya itu, dengan harga per malamnya mencapai 2-3 juta, udah mirip dengan hotel bintang lima deh. Maklum masih dokter muda kelas teri, dan masih sering berkutat di pelayanan dasar jadi kalo ngeliat rumah sakit yang sedikit keren itu aja takjub


Untuk daerah saya, kota malang mungkin persalinan saecar mencapai tarif 10--30 juta itu udah dengan paket kamarnya. Iya emang mahal sih, tapi ya kalo dibandingin jakarta yang bisa mencapai 5 kali lipatnya tetep aja...




[caption id="attachment_2769" align="aligncenter" width="300"]Tebak harganya berapa ? Tebak harganya berapa ?[/caption]

Jadi apa perbandingan antara persalinan ratusan ribu dengan ratusan juta ? Paling utama adalah servis yang didapat, mungkin yang di pelayanan ratusan juta orangnya memiliki komunikasi yang baik, lalu kualitas bagaimana ? Agak susah menilai, tapi kalo emang melakukan persalinan di tempat yang tepat, memiliki ijin maka seharusnya kualitas tidak berbeda jauh.


Apalagi dalam persalinan hampir semua kualitas berada di tangan ibunya sendiri, para tenaga medis kalo mendapatkan yang kualitas ibu baik maka tentu hasilnya  baik. Makanya saran bagi ibu, harus menjaga kualitas  hamil yang baik ya !


**


Next postingan akan membahas klinik Pratama Metropole !



 

Comments

  1. Bikin sesak nafas ya bang liat harga persalinan skrg, echa prnh liat jg dipostingan slh satu blogger biaya persalinannya lbh dari 30 jt =,= semoga nnti bisa normal aja =,=

    ReplyDelete
  2. buseet baru denger biaya persalinan bisa habis seharga mobil avanza
    kasihan juga bila orang yg tidak mampu disuruh membayar seharga segitu..

    ReplyDelete

  3. Mau lebih murah lagi ? Coba datang ke pelayanan desa, seperti puskesmas atau di bidan mungkin ratusan ribu aja. Walaupun secara harga sangat beda jauh, tapi secara kualitas mungkin tidak jauh beda.


    Mungkin juga jauh berbeda karena pelayanan desa, bidan, dan puskesmas belum terstandardisasi. Dan jika asuransi kesehatan memberikan fasilitas kesehatan yang baik seharga avanza, saya rasa wajar-wajar saja, justru disitulah pentingnya asuransi kesehatan.

    Btw, saya juga agak heran RS di Jakarta biaya operasi caesar bisa sampai seharga Avanza. Seharga Avanza itu mestinya kelasnya sudah di Singapura. Saya kemarin cek harga-harga di RS yang terkenal mahal tidak sampai sebegitu.

    ReplyDelete
  4. Kebayang ├Żang nggak punya uang terus harus melahirkan secara caesar

    ReplyDelete
  5. kalo yang ada ijinya, pasti semua ter standar dengan baik. itu bukan hanya operasi aja, tapi meliputi dari awal sampe akhir, untuk operasi katanya 50 an hehe

    ReplyDelete
  6. btw, Pevita udah melahirkan ??

    bidan delima 5menit langsung lahir.. hahahhaa...

    ReplyDelete
  7. mungkin klo saya yg denger sendiri langsung gabisa jalan hihi :D
    klo mampu knpa engga ? tpi utk org yg penghasilan dibawah pasti lbih memilih rumah sakit yg biayanya / klasnya ga tinggi2 amat :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan