Waspada Ebola !

Udah beberapa hari ini media asing sering banget memberitakan tentang ebola, salah satu virus yang memiliki tingkat kematian cukup tinggi (hampir 90%) dan seperti jenis virus yang lain, maka hampir tidak ada pengobatan yang berarti sekali terkena penyakit ini.


Self limiting atau penyembuhan dari dalam tubuh adalah yang utama menghadapi penyakit ini. Sama seperti terkena flu, kita gak usah mengobati entar juga sembuh sendiri. Cuma tingkat kematian flu sangat jauh dibanding ebola


Bahkan salah satu daerah di afrika, pernah mengatakan korban yang meninggal karena ebola hidup lagi dan sempat jalan-jalan di kota. Mereka mengatakan zombie benar-benar ada.


pfft..


**



Ebola sendiri pertama kali dideskripsikan pada tahun 1976, ketika itu terjadi wabah di daerah sungai ebola, zaira sehingga namanya dipakai hingga saat ini. Ebola menjadi sangat bahaya di afrika, karena masyarakat disana kondisi gizi pada umumnya masih jelek sehingga dayan tubuh juga tidak baik.


Penyakit ini berasal dari hewan yang menularkan ke manusia yang dekat dengan hewan terinfeksi. Setelah terinfeksi maka gejala seperti pada malaria, cholera, atau juga demam berdarah akan muncul.


Ini adalah "Timeline" dari perjalanan penyakit :


1. Orang terinfeksi
2. Setelah itu satu minggu, akan terjadi peradangan, virus menyerang darah dan sel hati
3. Menyebar lebih cepat dan menghancurkan hati dan gijal
4. Infeksi akan menyebabkan perdarahan internal secara besarbesaran
5. Menghambat kerja sistem pernapasan, dan menyebabkan kematian


Karena itu gejalanya seperti demam tinggi, sakit kepala parah, linu anggota badan, kelemahan, sakit tenggorokan, pendarahan. Kadang juga ini dianggap sebagai malaria, tifus, demam beradarah.




[caption id="" align="alignnone" width="317"] Gejala[/caption]

Penularan,


Kemarin di amerika, ada seorang yang terinfeksi ebola karena habis perjalanan dari afrika barat. Ketika dia dirawat di rumah sakit, salah seorang perawat terkena infeksi juga. Apa yang salah ? Setelah ditelusuri dia ternyata menggaruk hidungnya dengan sarung tangan setelah memegang pasien ebola. Maka bisa dipastikan kalo ke pasien ebola harus memakai pakaian astronot deh.




[caption id="" align="alignnone" width="450"] Pakian Astronot[/caption]

Pengobatan


Karena pengobatanya tidak ada maka hanya diberikan antivirus dan juga pasien akan dipantau terus keadaan umumnya, seperti kalo pendarahan terus maka akan ditambah darahnya dengan transufsi


Dalam wawancara yang terbaru, peter piot, salah seorang penemu dari virus ebola mengatakan tidak pernah membayang ebola menjadi salah satu virus yang epidemik  sampai saat ini. Dia menyalahkan perang saudara, kegagalan sistem kesehatan, dan kurangnya peralatan medis membuat penyakit ini tersebar kemana-mana


Sampai saat ini sih di Indonesia belum ada kasus tentang ebola, dan semoga tidak ada !


Amin

Comments

  1. Abang, echa merinding bgt baca berita ini di beberapa media. Dan pendarahannya itu yg bikin merinding :((( Aamiin! Semogaaa gaakk adaaaaaa

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan