Mari Ke Derawan dari Surabaya !

Sekitar akhir tahun lalu, bokap udah ngajakin ke derawan. Salah satu pulau di utara kalimantan yang deket banget ama perbatasan Indonesia-Malaysia atau juga dengan Indonesia-Filipina. Pas diajakin gitu semangat aja karena siapa sih yang gak pengen ke derawan ?


Walaupun sekitar 3-4 tahun yang lalu dulu ada temen yang ngajakin


"Ke derawan Yuk ric!"


Aku dengan polosnya tanya balik


"Hah dimana itu derawan ?"


Disini saya akan menjelaskan perjalanan ke Derawan dari kota Surabaya tapi yang perlu sedikit di ingat adalah, perjalanan ini adalah semacam ikut tur walaupun bukan ikut tur. Karena ngikut acara di kantor bokap, jadi semuanya udah di paketin aja. Tinggal modal beli tiket Pulang-Pergi, disananya semua uda diatur mulai penginepan, makan, transportasi. Setelah beberapa tahun jalan-jalan dengan otak sendiri, mungkin sekarang waktunya perjalanan di pikirin oleh orang lain. Heheh..



**



Transportasi


Ketika itu bokap sedikit keheranan,


"Masa sih ric, orang ke derawan itu jarang?"


Mungkin perlu diperjelas ke bokap, karena biaya ke derawan tidaklah murah. Misalnya perjalanan dengan pesawat yaitu pulang pergi mencapai 1,8 juta hingga 2,5 juta. Belum lagi naik speedboat untuk nyebrang ke pulau derawan yang bisa sampai ratusan ribu hingga jutaan. Dengan dana segitu mungkin orang-orang lebih seneng ke luar negeri. Karena mungkin secara prestis lebih "wow gitu deh" kalo keluar negeri.


Selain itu, ada beberapa tempat yang menarik dengan jarak lebih dekat seperti Karimun jawa, Bali, Lombok, atau yang lagi musim yaitu Banyuwangi.


Jadi perjalanan dari surabaya bisa menggunakan pesawat Sriwijaya yang transit di balikpapan, tiketnya mencapai harga 800 ribu paling murah. Sedangkan kalo pengen langsung Surabaya ke Berau bisa menggunakan pesawat Kalstar, tiketnya ? Kalo gak salah sih sama harganya, cuma penerbanganya hanya sekali dalam sehari.




[caption id="" align="alignnone" width="800"]Kalimarau Airport Kalimarau Airport Berau, Keren ![/caption]


Setelah nyampai di berau ngapain ?


Perjalanan dari berau ini saya menggunakan mobil yang sudah disediakan menuju ke tanjung batu yang berjarak sekitar 120 km dari kota berau. Dari tanjung batu dilanjutkan naik speedboat yang sekali menumpangnya seharga 100 ribu untuk menyebrang ke derawan. Ini masih pelabuhan kecil dan menurut penjaganya buka 24 jam asal sudah janjian ama abang speedboat nya.




[caption id="" align="alignnone" width="800"]DSC00760 3 Jam Jalan di Hutan, Mana tahan ![/caption]

Sayang banget saya gak punya nomernya




[caption id="" align="alignnone" width="800"]DSC00764 Speedboat 2 Mesin, Jalanya 60 km/jam. Kenceng dah[/caption]

 

Kalo misalnya gak ada kendaraan dari berau ke tanjung batu gimana ?

Nah ini yang agak bingung, kayaknya musti pinjem mobil apa ya, karena bis transport kesana hampir gak ada.


Secara pribadi saya melihat perjalanan ke derawan ini agak sedikit ribet di transportasi, saya melihat sendiri sepertinya orang-orang nyewa mobil di berau untuk pergi ke tanjung batu lalu nanti naik speedboat lagi.


Mari kita berhitung misalnya


Pesawat Surabaya-Berau  900.000


Nyewa mobil dari Berau - Tanjung Batu 500.000


Speedboat Tanjung batu - Derawan 100.000


Makan dan lain lain 100.000


Total : 1.600.000


Itu juga dengan indikasi pesawat dapet tiket promo, kalo enggak ya tambahin aja sendiri. Hehehe.


Tapi jangan khawatir, Derawan tidak akan mengecewakan kok !

Comments

  1. Saya tinggal di Balikpapan namun blm pernah sama sekali mengunjungi Derawan. Pengen sih kesana bersama istri, lagi menyisihkan sisa gaji buat liburan kesana. Doain mudah2an bisa secepatnya kesana.

    ReplyDelete
  2. Sepertinya seru banget berkunjung kesana, cuma perlu dompet yang cukup tebal :-D

    ReplyDelete
  3. wah derawan menggoda selera moga aja sampe sana dah badan dan jiwa ini mantap....

    ReplyDelete
  4. Wah asik banget, aku belum jadi-jadi ke sana. Mampir blog-ku mas :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Susahnya Pasang Indihome di Nagekeo

Resident di Era Covid

Pembasmi Pembuang Tinja Sembarangan