Baturaden dan Pilihan Objek Wisata

Baturraden, merupakan tempat dengan pesona dan juga suasana yang . Baturaden berada di bawah kaki gunung selamet sebelah utara Purwokerto. Letaknya 20 kilometer dari Purwokerto. Dengan letaknya di lereng gunung sehingga menjadikan wilayah ini memiliki hawa sejuk, dingin serta suasana yang nyaman.  Hotel juga mudah ditemui di sekitar area Baturaden. Hotel-hotel tersebut dapat dipesan melalui website Traveloka pada menu hotel. Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi kamu bisa menempuh perjalanan dari Purwokerto ke Batu Raden sekitar 15 menit perjalanan, dengan perjalanan yang tidak terlalu padat.

baturaden

Selain menggunakan kendaraan pribadi anda juga bisa menggunakan kendaraan umum dari terminal lokawisata Baturaden.

Baturaden merupakan salah satu objek wisata yang tidak terlalu mahal, untuk masuk ke kawasan ini kamu akan di kenai tarif Rp. 10.000,-. Dengan harga 10 ribu wisatawan sudah bisa menikmati berbagai macam wahana ataupu ke indahan yang sangat menarik. Saat pertama kali ke baturraden kamu akan di sambut oleh “Petruk dan Bawor” yang merupakan salah satu icon objek wisata di tempat ini.

Dan ketika memasuki area ini juga kamu akan di suguhi dengan suasana taman yang sangat asri, ketika berjalan taman- taman ini akan menjadi pemandangan yang indah untuk para pejalan kaki. Jalur tangga yang apik dan keindahan air mancur juga akan disuguhkan ketika kamu berkunjung kesini. Disini juga anda bisa menikmati nikmatnya wisata kuliner sate kelinci ataupun ayam.

Nah, disana juga terdapat sebuah komplek wisata yang di dalamnya terdapat objek wisata yang dapat kamu nikmati. Diantanya adalah Pancuran Pitu.

Pancuran Pitu berasal dari Bahasa jaawa, pancuran berarti air terjun ddaan pitu berarti tujuh, jadi pancuran pitu berarti air terjun yang berjumlah tujuh. Yang menarik dari Pancuran Pitu adalah tujuh buah lengkungan air terjuan yang terbuat dari air panas ( belerang ) secara terus menerus.

Letak pancuran pitu ada di bukit gunung selamet, jaraknya sekitar 5 kilometer dari pertigaan jalan batu raden ke arah sebelah kanan. Kamu bisa berjalan kaki dari pintu masuk jika ingin menuju ke pancuran pitu. Di wilayah pancuran pitu kamu bisa menemukan eksotisme alam yang lainnya, diantaranya Goa Selirang dan Telaga Sunyi. Bagi kamu yang berjalan kaki kamu bisa menggunakan jalan setapak untuk menuju ke pancuran pitu. Tapi bgi kamu yang membawa kendaraan, memang tidak akan bisa menggunakan kendaraan yang biasa karena medan jalan yang cukup sulit.

Di pancuran pitu, wisatawan bisa menikmati berendam di kolam air panas yang ada. Dan kolam yang terkenal tersebut adalah telaga sunyi. Konon, air panas tersebu bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit karena airnya mengandung belerang. Di telaga sunyi kamu bisa menenangkan pikiran dan bersantai sembari menikmati hangatnya air yang ada di telaga sunyi.

Untuk tiket masuk ke pancuran pitu kamu bisa menyiapkan uang Rp. 5.000 dan untuk ke telaga sunyi kamu juga bisa menyiapkan uang Rp. 5.000 juga.

Lalu jika anda merasa lapar ketika berada di kawasan ini, anda jangan khawatir karena disana akan banyak warung- warung kecil yang berjejer yang akan membantu menghilangkan rasa lapar anda.

Nah, ketika berada di perjalanan menuju pancuran pitu wisatawan yang berjalan kaki akan menemukan sebuah hutan yang dinamakan hutan damar. Hutan ini sangatlah sejuk, anda bisa menikmati dulu keindahan hutan ini sebelum ke pancuran pitu. Jika anda juga menyukai aktivitas berkemah anda bisa mendirikan di kawasan hutan ini.

Pancuran Pitupancuran pitu

Jika anda tidak ingin melakukan perjalanan ke Pancuran Pitu, ada pilihan objek wisata lain yang anda bisa kunjung di kawasan Baturraden ini. Ketika memasuki area lokawisata anda bisa menemukan Taman Kaloka Widya Manda, disini anda bisa menemukan berbagai macam binatang. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang berkunjung dengan membawa anak kecil. Selain untuk berlibur juga bisa di gunakan untuk sarana belajar mengenali binatang- binatang yang ada.

Nah, ada juga permainan anak yang bisa dinikmati oleh anak- anak yang berkunjung ada Menara padang, Taman Botani, Kolam Renang, sepeda air dan banyak lagi.

Di kawasan ini juga anda akan menemukan pecel mendoan, dengan harga per piringnya Rp. 6.000- 10.000 sangat cukup untuk menghilangkan rasa lapar dan penasaran terhadap rasanya yang khas. Karena selain murah juga akan membuat anda kenyang.

Memang benar, Baturraden ini seperti toserba yang serba ada siap mengakomodasi kemapun wisatawan ingin pergi. Mau ke Kebun binatang, ke hutan untuk berkemah atau sekedar melihat- lihat, ke pancuran pitu dan telaga sunyi untuk berendam dan meriksasikan pikiran, pokoknya akan banyak sekali pilihan yang membuat bingung wisatawan yang berkunjung.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo siapkan waktumu dan nikmati berwisata alam di Baturraden, jangan lupa untuk membawa teman- temanmu sehingga bisa membuat liburanmu semakin bermakna.

Leave a Comment.