Demonstrasi Untuk Siapa ?

Entah apa yang ada dipikiran teman-teman mahasiswa/wi  salah satu perguruan tinggi jogjakarta ketika rembungan untuk acara demo. Kira-kira dalam angan saya mereka berujar :

“Bro, kita demo yuk mumpung hari buruh”, Ujar koordinator aksi demo

“Hmm.. oke bro, kita tentukan ini tema yang mau dibawa”, Tanya salah satu temenya

“Gampang,  Kita bawa tema menolak bandara, sultan, dan hal lain yang tidak ada burunya sama sekali dan jangan lupa kita ciptakan suasana perang ya !”, Koordinator mengarahkan tema demonya

Akhirnya yang terjadi malah emang kayak zona perang, di depan kampus sambil nutup jalan demo yang temanya sama sekali gak nyambung tentang buruh. Lalu sepertinya emang udah diatur bahwa entar ada yang lempar bom molotov ke pos polisi.

Setelah puas menghancurkan pos polisi, ada satu orang pemuda yang entah mengapa tampak sangat percaya diri sekali apa yang dilakukanya benar. Bawa bom molotov lalu dilemparkan ke arah pos polisi, warga yang kayaknya udah ngempet marah lalu mengejar mahasiswa yang demo

Aku sih yakin mungkin banyak mahasiswa baru yang dipaksa untuk ikutan demo oleh seniornya, jadi gak tau seperti apa demonstrasi itu. Mereka dikejar sama warga yang bahkan sampe masuk ke kampus. Belum selesai, ketika mulai reda pasukan polisi yang mirip udah mau nangkep teroris masuk ke kampus buat menyisir anggota demo.

Enam puluh sembilan mahasiswa akhirnya ketangkep, tidur di penjara. Entah apa yang didalam pikiran mereka, ketika tahu bahwa mereka melakukan suatu perbuatan sangat konyol-gak-penting-menyusahkan-diri-sendiri. Misalnya kalo mereka getol menyuarakan tentang hak buruh boleh lah, tapi ini agak aneh emang.

Akhirnya timbul pertanyaan : Demonstrasi Untuk Siapa ?

 

Leave a Comment.