Alamak Gafatar..

Mungkin gak ada dipikiran para pengikut Gafatar ketika berita kehilangan salah satu orang malah membuat mereka diusir dimana-mana.

**

Ceritanya sendiri dimulai ketika salah salah satu suami korban yang melaporkan istrinya hilang bersama balitanya. Sebelum menghilang biar kaya di sinetron, sang istri meninggalkan surat yang ditulis tangan. Isinya kurang lebih sebagai berikut

Saat ini telah banyak bencana karena umat Islam sifatnya tidak lagi sesuai akidah.

Dia berpamitan dan merasa bertanggung jawab untuk memperbaiki itu dan ingin mengabdi di jalan Allah

Biar lebih meyakinkan suaminya, dia menulis dengan tangan sendiri dan itu berlembar-lembar sampai sang suami yakin ini bukan direncakan satu-dua hari tapi sejak lama. Media pun bikin headline dengan andalanya : DOKTER CANTIK HILANG.

Kadang sampe mikir, semua aja yang cantik diberitain, dari penjual galon cantik, satpam cantik, penjual jamu cantik. Emang sih secara psikologis orang lebih tertarik melihat berita jika headlinenya seperti itu.

Singkat cerita ternyata teman sejawat saya ini pergi ke kalimantan untuk bergabung dengan gafatar, gerajakan fajar nusantara. Setelah dilihat lagi ternyata organisasi ini menyimpang dengan agama islam. Lalu munculah testimoni dari seperti bibit samad, dan tokoh lainya membuat masyarakat makin muntab : Ini organisasi apaan sih ?

Puncaknya adalah ketika salah satu tempat perkumpulan orang gafatar di kalimantan di bakar massa.

Oke menurutku ini udah keterlaluan sih orang-orang

**

Saya sendiri gak mengulas gafatar seperti apa. Katakan saja saya menganggap mereka sesat (tapi gatau sesat di apanya, jujur saya gak ngikuti mereka ngapain, masa bodoh) cuma saya menganggap mereka adalah sekte, orang yang mempunyai kepercayaan atau pandangan agama yang sama yang berbeda dari pandangan agama yang lebih lazim diterima oleh para penganut agama tersebut (Nyontek dari KBBI ni), dan mereka saat ini masa non-radikal.

Kalo diliat dari cirinya mungkin mirip beberapa sekte yang ada di negara lain,

1.Pertama mereka melakukan kegiatan sosial, tujuanya adalah untuk mencari simpati publik.

2. Setelah mendapat atensi dari publik, mereka mulai melancarkan ideologi-ideologi tentang organisasi tersebut.

3. Semakin banyak yang tertarik bergabung, maka mereka mulai mencari suatu daerah baru dengan tujuan berhindar dari bala ketika terjadi adzab

4. Dalam sekte ini maka akan ada seorang juru selamat, nabi, yang kalo ngomong A maka semua akan mengikutinya.

Saya jadi inget beberapa sekte sesat yang akhirnya malah bad ending, jika melihat sejarah ada sekte people’s temple dan juga heavens gate.

Pola mereka mirip seperti itu, sama seperti skema MLM yang muter aja dari jaman ponzi mendirikan MLM (tahun 1900). Maka sekte itu ya sama aja kaya gitu.

Cuma dari contoh diatas akhirnya bad ending, karena pengikut people’s temple bunuh diri semua, dan menjadikan bunuh diri masal terbesar di dunia (900 orang!) karena ceritanya saat itu kongresman (semacam dpr disini) mau mengunjungi sekte itu karena dianggap meresahkan, tapi mereka malah menembaki hingga anggota itu meninggal. Setelah itu si juru selamat menyuruh untuk bunuh diri masal.

Sekte Heavens gate lebih konyol lagi, karena mereka memutuskan bunuh diri. Mereka yakin jika dengan matinya mereka, UFO akan datang menjemput mereka menuju surga.

Cuma melihat berita kalo perkampungan gafatar akhirnya dibakar dan dihancurkan membuat saya sedikit miris, mungkin bagi beberapa orang hal itu dapat dibenarkan tapi tidak tahukah mereka bahwa orang yang mengikuti sekte itu pasti telah melepaskan semua yang mereka punya untuk hijrah (istilah kerenya si gitu).

Dengan dihancurkan tempat mereka hanya menimbulkan trauma, apa bedanya masyarakat dengan organisasi radikal lainya ? Seakan hanya menjadi efek domino misalnya aja eks gafatar berubah menjadi radikal bagaimana ?

 

 

Waspada Ebola !

Udah beberapa hari ini media asing sering banget memberitakan tentang ebola, salah satu virus yang memiliki tingkat kematian cukup tinggi (hampir 90%) dan seperti jenis virus yang lain, maka hampir tidak ada pengobatan yang berarti sekali terkena penyakit ini.

Self limiting atau penyembuhan dari dalam tubuh adalah yang utama menghadapi penyakit ini. Sama seperti terkena flu, kita gak usah mengobati entar juga sembuh sendiri. Cuma tingkat kematian flu sangat jauh dibanding ebola

Bahkan salah satu daerah di afrika, pernah mengatakan korban yang meninggal karena ebola hidup lagi dan sempat jalan-jalan di kota. Mereka mengatakan zombie benar-benar ada.

pfft..

**

Baca Selengkapnya..

Sleep Paralysis alias Tindihan

Gak biasanya kemarin tidur cepet, mungkin karena kecapean sebelumnya kemarin akhirnya ketiduran juga. Pas lagi tidur ada satu kejadian yang menarik

“Tiba-tiba saya terbangun, mata terbuka tapi tubuh tidak bisa digerakan. Saat itu saya bisa merasakan jelas lagi berada dikamar tapi tidak bisa bergerak dan mengeluarkan suara. Napas semakin memberat dan perasaan panik mulai menyerang tapi karena ini bukan pertama kali seperti ini, saya pun mencoba untuk menenangkan diri sendiri dan dalam beberapa menit akhirnya ketiduran. Gak lama saya bangun, kali ini bisa menggerakan tangan.”

Setelah itu saya update status di twitter, biar agak gimana gitu saya jelaskan lagi kena tindihan dan melihat “sesuatu”. Karena masyarakat kita seneng banget kalo dihadapkan dengan masalah mistis, walau sebenernya saya tau lagi kena sleep paralisis.

opo kui?

Mampus ! Badan semua gak bisa digerakan

**

Baca Selengkapnya…